Pencarian populer

Menurut Studi, Ada 5 Tahap Putus Cinta

Ilustrasi pasangan. Foto: Shutter Stock
Putus cinta itu menyebalkan, dan enggak jarang disertai dengan tahapan yang membingungkan. Jarang banget, tuh, pasangan yang tiba-tiba putus padahal enggak ada angin ataupun hujan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Times of India, ada studi dari University of Tennessee dengan judul ‘Stages of Change in Relationship Status (SCORS)’, yang menemukan tahapan-tahapan sebelum seseorang memutuskan untuk mengakhiri hubungannya.
Untuk mengetahui tahapan itu, peneliti meminta partisipan untuk mengisi kuesioner tentang perasaannya dan status hubungannya. Para partisipan lantas kembali mengisi kuesioner yang sama dua bulan setelahnya.
Hasilnya, sesuai perkiraan peneliti, banyak dari partisipan yang galau pengin putus, dan 20 persennya bahkan udah menjomblo.
Bukan itu aja, setelah melalui analisis yang panjang, peneliti juga menyimpulkan lima tahap dalam putus cinta seperti di bawah ini.
Tahap pertama: pra-kontemplasi
Di mana kata 'putus' aja belum kepikiran sama sekali. Hubungannya masih adem ayem, serasa dunia milik berdua, yang lain ngontrak. Biasanya, sih, tahap ini terjadi di tiga bulan pertama.
ADVERTISEMENT
Tahap kedua: kontemplasi
Ketika mulai terjadi gesekan-gesekan konflik antara kamu dan dia, salah satu dari kalian mulai merasa ragu dengan hubungan yang tengah dijalani. Alih-alih mempertanyakan mau makan apa dan di mana, kamu galau apakah dia memang orang yang tepat untuk mengisi hari-harimu.
Tahap ketiga: persiapan
Di tahap ini, salah satu dari kalian udah mantap untuk berpisah. Tapi masih bingung gimana cara untuk menyampaikannya.
Tahap keempat: action!
Ini tahapan yang paling enggak enak, deh. Di antara kalian udah enggak ada lagi perasaan berbunga-bunga, langit berhiaskan kembang api, dan ratusan kupu-kupu yang hinggap di perutmu tiap kali bertemu pacar. Bahkan, salah satu dari kalian udah enggak ragu lagi untuk berhenti memberi kabar dan ngobrol lama-lama. Tapi, peneliti mengatakan kalau di tahap ini, sebenarnya kalian belum benar-benar putus, lho. Jadi, ya, status aja yang masih pacaran. Kamunya, mah, udah kenalan sama orang baru di dating app.
ADVERTISEMENT
Tahap kelima: fin alias the end alias final alias goodbye i love you no more
Lelah menjalani hubungan yang enggak jelas, hubungan kalian pun kandas. Pastinya, salah satu kalian bakal merasa terluka di tahap ini. Tapi, kalau enggak ada niatan untuk balikan, kemungkinan besar kalian benar-benar enggak bakal bisa bersama lagi.
Terlepas dari lima tahapan putus cinta ini, peneliti menegaskan bahwa membiarkan pikiran negatif mengganggumu bisa mempermudah berakhirnya hubungan. Nah, dengan memahami tahapan-tahapan ini, khususnya tahap kedua, kamu bisa mencegah putus cinta supaya kamu dan pacar bisa selalu bersama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80