kumparan
18 Mei 2019 11:25 WIB

Morrissey Akui Dukung Partai Anti-Islam 'For Britain Movement'

Morrissey dalam 'The Tonight Show' Jimmy Fallon. Foto: Dok. The Tonight Show
Ada yang jadi sorotan saat Morrissey tampil di acara 'The Tonight Show'-nya Jimmy Fallon beberapa waktu lalu. Sambil meng-cover lagu 'Morning Starship' milik Jobriath, mantan vokalis The Smiths itu terlihat mengenakan sebuah pin logo dari 'For Britain Movement'.
ADVERTISEMENT
For Britain Movement merupakan partai politik yang didirikan oleh aktivis anti-Islam, Anne Marie Waters. Dalam situs resmi partainya, For Britain Movement bahkan berterima kasih pada Morrissey karena telah mendukung gerakan mereka.
Mengusung slogan 'For the forgotten majority' (untuk mayoritas yang terlupakan), For Britain Movement memiliki kampanye prioritas yang menuai kecaman. Di antaranya adalah mendukung Brexit, kampanye anti-Islam dan mengurangi jumlah imigran masuk ke Inggris.
Morrissey memang telah terang-terangan mendukung For Britain Movement seperti dalam sebuah wawancara pada 2018 lalu.
Dilansir Pitchfork, Morrissey berkata telah mengikuti gerak-gerik partai politik baru bernama For Britain Movement yang dipimpin oleh Anne Marie Waters.
"Ini adalah pertama kalinya dalam hidup saya akan memilih partai politik. Akhirnya saya punya harapan," ungkap Morrissey dalam wawancara tersebut.
ADVERTISEMENT
Padahal, di Inggris sendiri, For Britain Movement enggak mendapat dukungan media dan bahkan dituduh rasis.
"Sekarang, hanya karena saya enggak setuju dengan orang lain, saya dicap rasis. Kadang, orang-orang bisa (jadi) sangat-sangat bodoh," ujar Morrissey.
Personel Broken Social Scene, Ariel Engle, yang berkolaborasi dengan Morrissey di album 'California Son' mengatakan, dia enggak mengetahui sama sekali soal pandangan politik Morrissey ketika dia menyetujui untuk kolaborasi dengannya.
“Hal-hal yang bikin meradang yang dia katakan (Morrissey) bukan politik saya. Saya pikir dia benar-benar kelewatan, sih," kata Engle.
Album 'California Son' sendiri rencananya akan rilis pada 24 Mei mendatang. Morrissey juga berkolaborasi dengan beberapa musisi lain seperti Grizzly Bear, Ed Droste, dan Billie Joe Armstrong dari Green Day.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan