kumparan
21 Sep 2019 9:01 WIB

Pergi Bersama Sahabat Bisa Turunkan Tingkat Stres

Ilustrasi bercerita pada teman Foto: Pixabay
Sepertinya, hampir dari kita semua pasti punya sahabat, walaupun hanya beberapa. Sebenarnya, punya sahabat sedikit enggak jadi masalah, asalkan kita bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan mereka, setuju?
ADVERTISEMENT
Kamu dan sahabat mungkin sering menghabiskan banyak waktu bersama, seperti pergi ke coffee shop, belanja, menonton film, sampai menertawakan hal-hal enggak penting bersama.
Nah, sebuah penelitian mengatakan kalau bergaul dengan pergi bersama sahabat bisa membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kualitas hidupmu, lho.
Penelitian ini dilakukan oleh University of Oxford dan menyatakan kalau mereka yang menghabiskan waktu berkualitas dengan teman dekat mereka seenggaknya dua kali dalam seminggu, memiliki kesehatan emosi dan fisik yang lebih baik.
Mereka yang melakukan ini memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat dan cenderung pulih dengan cepat dari suatu penyakit atau luka.
Cowok yang memiliki kehidupan sosial yang aktif akan lebih sedikit kemungkinannya untuk menderita depresi yang disebabkan oleh pekerjaan atau keuangan dan lebih cepat pulih dari penyakit daripada mereka yang memiliki kehidupan sosial yang kurang aktif.
ADVERTISEMENT
Studi lain yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles, menunjukkan kalau cewek mengelola stres mereka lebih baik saat mereka memiliki teman.
Jadi, buat kamu yang sedang merasa kesepian, sedih, terluka, dan lain-lain, mungkin bisa segera menghubungi sahabatmu dan mulai menceritakan semua keluh kesah kepada mereka.
Because, that's what friends are for.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan