kumparan
30 Jul 2018 13:26 WIB

PSM Unpad Raih Grand Prix di Ajang Bali International Choir Festival

Paduan Suara Mahasiswa Unpad (Foto: Instagram/@unpadchoir)
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) dinobatkan sebagai Juara Grand Prix dalam ajang ‘The 7th Bali International Choir Festival’ (BICF) yang diadakan di La Prime Plaza Hotel Denpasar, Bali.
ADVERTISEMENT
Prestasi tersebut merupakan gelar tertinggi yang dinobatkan oleh dewan juri setelah PSM Unpad meraih nilai terbaik di antara 146 grup paduan suara dan vocal group lain dari 16 negara seperti Latvia, Kanada, Lithuania, Filipina, Korea Selatan dan Cina.
Selain meraih juara Grand Prix, PSM Unpad juga memperoleh penghargaan khusus ‘Special Jury Award of Excellent Conductor’ yang dianugerahkan untuk Arvin Zeinullah.
Sebelum tampil pada babak final, PSM Unpad terlebih dulu berhasil menjadi juara dalam ‘Category Champion of Mixed Choir’ melalui penampilan lagu yang solid dan apik. Beberapa repertoir yang dibawakan di antaranya adalah ‘Ah, Dolente Partita (Monteverdi)’, ‘Readymade Alice (Perttu Haapenen)’ dan ‘Hentakan Jiwa (Ken Steven)’.
Keanekaragaman dan pemilihan lagu yang ditampilkan tersebut dinilai para juri dapat mencerminkan kemampuan khas PSM Unpad yang sangat ekspresif. Sehingga, PSM Unpad juga berhasil memperoleh predikat ‘Special Jury Award of Excellent Programs’.
Paduan Suara Mahasiswa Unpad (Foto: Instagram/@unpadchoir)
"Interpretasi lagu yang dinyanyikan sangat menarik, intonasi yang dimiliki juga sangat baik,” kata Maria Guinand, salah satu juri di ajang The 7th BICF 2018. Juri asal Venezuela ini juga menambahkan, pembawaan lagu oleh PSM Unpad mampu ditampilkan dengan penuh penghayatan, antusiasme dan cinta kepada penonton.
ADVERTISEMENT
Menurut rilis yang diterima, PSM Unpad telah menempuh proses latihan selama 4 bulan untuk mengikuti ajang BICF ini. Arvin, sang konduktor, berhasil membawa tim PSM Unpad yang terdiri dari 46 anggota ini melaju pada kompetisi ‘The 1st Asia Grand Prix for Choral Singing (AGP)’. Kompetisi ini merupakan event pertama yang mengadaptasi European Grand Prix for Choral Singing.
Pemenang dari berbagai kompetisi kemudian akan kembali berlaga untuk menjadi AGP Champion. Sebagai Juara Grand Prix Bali International Choir Festival, PSM Unpad berhak mewakili Indonesia untuk bersaing dengan para juara dari kompetisi ‘Andrea O Veneracion International Choral Festival Manila (AOV)’ dan ‘Singapore International Choral Festival di Manila, Filipina’ pada 2019 mendatang.
Good luck, PSM Unpad!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan