Pencarian populer

Rangkuman Penyelenggaraan UTBK Gelombang Pertama di 5 PTN

UTBK SBMPTN Foto: Dok. Unpad

Gelombang pertama Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah diselenggarakan pada 13-14 April kemarin. Ada sebanyak 698.505 peserta di gelombang pertama, dengan uraian sebanyak 374.641 berasal dari rumpun saintek, dan 323.864 dari rumpun soshum.

Materi UTBK 2019 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan kognitif, yang terdiri atas kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sementara TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. Soal-soal ujian juga diarahkan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Pelaksanaan UTBK gelombang pertama digelar pada 13, 14, 20, 27, 28 April, dan 4-5 Mei 2019. Sedangkan gelombang kedua diadakan pada 11, 12, 18, 25 dan 26 Mei 2019.

Untuk penyelenggaraan pada 13 dan 14 April kemarin, kumparan telah merangkumnya di lima perguruan tinggi negeri di Indonesia. Yuk, simak sama-sama!

1. UI

Universitas Indonesia. Foto: wikimedia

Universitas Indonesia (UI) menggandeng 26 SMA/SMK Negeri dan Swasta di tiga wilayah Depok, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. Kepala Humas UI, Rifelly Dewi Astuti mengatakan, total kapasitas kursi gelombang pertama yang disediakan UI beserta SMA/SMK tersebut adalah sebanyak 30.060 kursi.

Jumlah total pendaftar UTBK 2019 gelombang pertama di UI adalah 28.528 peserta. Dari total pendaftar di gelombang pertama, ada 15.108 orang di kelompok ujian saintek, dan 13.420 di kelompok ujian soshum. Sedangkan dari segi jenis peserta terdiri atas 27.027 peserta reguler dan 1.501 peserta Bidikmisi.

2. UGM

Kampus UGM di Yogyakarta. Foto: Dwita Komala Santi

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Djagal Wiseso Marseno menjelaskan, UGM menyiapkan 16 lokasi yang tersebar di seluruh fakultas untuk pelaksanaan UTBK dengan total sebanyak 53 ruangan beserta 1.720 komputer.

Jumlah peserta UTBK di UGM, baik gelombang pertama maupun kedua total sebanyak 35.895 peserta. Untuk gelombang pertama peserta UTBK di UGM sebanyak 19.047 peserta yang terdiri atas 10.826 orang di kelompok saintek, dan 8.221 untuk kelompok soshum.

Sedangkan berdasarkan statusnya terdiri dari 15.577 peserta reguler dan 3.470 peserta Bidikmisi.

"Dari total peserta tersebut, terdapat pula sembilan peserta berkebutuhan khusus. Mereka terdiri dari tiga peserta untuk kelompok Saintek, dan 6 peserta untuk kelompok Soshum," kata Djagal, dilansir laman resmi UGM.

3. Unpad

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Foto: Prima Gerhard/kumparan

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan, pelaksanaan hari pertama UTBK SBMPTN 2019 berjalan lancar. Seluruh kegiatan server UTBK di Indonesia telah dipantau melalui ruang Command Center di Gedung Rektor Unpad. Selain itu, disiapkan pula layanan call center apabila terjadi masalah pada pelaksanaan UTBK di seluruh wilayah.

Meski begitu, sempat ditemukan berbagai kendala seputar pelaksanaan UTBK. Mulai dari pengawas yang belum lancar dalam memberikan instruksi digital, lokasi yang memiliki klien yang bermasalah, hingga keterlambatan server dalam mengunduh aplikasi atau soal.

“Setiap lokasi yang punya masalah, mereka bisa directly ke call center kami. Di sana ada para ahli yang bisa memberikan jalan keluar,” kata Tri dikutip dari laman Unpad.

4. Untidar

Universitas Tidar yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini, Universitas Tidar menggandeng empat sekolah karena jumlah komputer di perguruan tinggi negeri tersebut masih belum memadai. Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar Magelang, Noor Farid mengatakan empat sekolah tersebut, yakni SMA Negeri 1 Magelang, SMA Negeri 4 Magelang, SMK Negeri 1 Magelang, dan MAN 1 Kota Magelang.

"Jumlah komputer di Untidar masih terbatas maka itu kami bekerja sama dengan empat mitra sekolah di Kota Magelang," ujar dia dilansir Antara.

Jumlah total komputer di lima lokasi UTBK 435 unit. Sedangkan total peserta UTBK Untidar dalam satu hari 870 orang. Target peserta sendiri adalah 1.740 orang, akan tetapi sebanyak 147 peserta berhalangan hadir pada UTBK hari pertama dan kedua.

5. Unsyiah

Jumlah peserta UTBK SBMPTN 2019 di Universitas Syiah Kuala Aceh, pada 13 April 2019 mencapai 990 peserta. Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal menyebut, semua peserta ini mengikuti ujian di 33 ruang laboratorium yang tersedia di 13 lokasi di seputaran kampus.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31