kumparan
15 Apr 2018 12:13 WIB

Sejarah Kolaborasi Supreme x Vans

Sejarah Supreme x Vans (COVER) (Foto: Dok. Supreme)
Selama bertahun-tahun, Supreme telah memantapkan dirinya sebagai raja kolaborasi. Saat ini, merek streetwear yang didirikan oleh James Jebbia itu telah melakukan berbagai kolaborasi dengan berbagai merek terkenal. Sebut saja Vans, Nike, Louis Vuitton, hingga Lacoste.
ADVERTISEMENT
Untuk proyek kolaborasi pertama, Supreme pernah melakukan kerja sama dengan Vans di tahun 1996. Yap, kemitraan pertama Supreme itu ternyata membuahkan hasil yang positif. Dan ternyata, kemitraan itu enggak hanya terjadi pada tahun itu saja.
Seperti apa sejarah dan perkembangan kolaborasi Supreme dan Vans? Berikut sejarah kolaborasi Supreme dan Vans seperti dikutip dari Highsnobiety.
1996
Supreme x Vans 1996 (Foto: Dok. Supreme)
Untuk debut pertamanya bersama Vans, Supreme memilih seri Old Skool dengan menciptakan tiga model sneaker. Enggak tanggung-tanggung, Supreme juga mengandeng Direktur Desain Brendon Babenzien untuk bertanggung jawab terhadap proyek kolaborasi itu.
"Model Old Skool sangat ikonik dan klasik. Tahun 1996, Old Skool menjadi sepatu terbaik yang ditawarkan Vans," kata James Jebbia.
Yap, tiga model sneaker kolaborasi Supreme x Vans Old Skool itu menawarkan perpaduan sempurna antara kesederhanaan tanpa akhir dan gaya yang enggak ada habisnya.
ADVERTISEMENT
2004
Supreme x Vans 2004 (Foto: Dok. Supreme)
Pada tahun 2004, Supreme merayakan ulang tahunnya yang ke 10. Dan di tahun tersebut, Supreme kembali menjalin kerja sama dengan Vans untuk membuat 12 warna dari 4 model sneaker dalam 2 paket terpisah.
2005
Supreme x Vans 2005 (Foto: Dok. Supreme)
Pada tahun 2005, Supreme dan Vans kembali menjalin kerja sama dengan membawa motif side-striped. Keduanya pun mengambil seri Sk8-Hi dan Old Skool untuk proyek kolaborasi ini dengan nama "Evil Empire".
Pada bagian upper di model Sk8-Hi, kamu bisa melihat motif bintang-bintang besar, sementara di model Old Skool kamu bisa melihat motif bintang-bintang kecil yang memenuhi di bagian upper.
2006
Supreme x Vans 2006 (Foto: Dok. Supreme)
Tahun 2006 adalah tahun yang sibuk bagi Supreme dan juga Vans. Soalnya, kedua merek itu merilis sneaker kolaborasi dengan tiga koleksi terpisah. Untuk koleksi musim semi misalnya, keduanya merilis tiga warna yang terinspirasi dari skena BMX di era 1980.
ADVERTISEMENT
2007
Supreme x Vans 2007 (Foto: Dok. Supreme)
Pada April 2007, Supreme dan Vans merilis koleksi terbesar mereka. Tiga model dipilih untuk proyek kolaborasi itu seperti Old Skool, Half Cab, dan Chukka boot.
Model Half Cab dan Old Skool menampilkan pola bintik gradien yang terinspirasi dari dinding pusat kota NYC, sementara model Chukka memiliki tampilan yang 'bebas' dengan satu warna yang mencolok.
2008
Supreme x Vans 2008 (Foto: Dok. Supreme)
Untuk proyek pertama Vans di tahun 2008, Supreme meluncurkan trio Sk8-Hi hasil kolaborasi dengan band hardcore punk asal Washington, Bad Brains. Keduanya merilis tiga warna sekaligus seperti merah, kuning, dan hijau sebagai penghormatan kepada gerakan Rastafari.
2009
Supreme x Vans 2009 (Foto: Dok. Supreme)
Pada Maret 2009, Supreme memilih motif "Disruptive" untuk model Half Cab dan Era. Kedua model sneaker itu tampil dalam empat warna seperti putih, merah, hitam, dan hijau tosca. Dengan material kanvas pada bagian upper dan kulit pada bagian lining dan insole, sneaker ini benar-benar eye catching pada zamannya.
ADVERTISEMENT
2010
Supreme x Vans 2010 (Foto: Dok. Supreme)
Pada tahun ini, Supreme tetap setia memilih seri Old Skool dan Chukka Boot untuk koleksi musim semi mereka. Keduanya pun merilis 10 warna dari 2 model. Pada bagian upper kamu bisa melihat material suede dan bagian insole dengan material kulit yang dipercantik dengan motif kulit ular di bagian side-stripe pada model Old Skool. Sedangkan untuk model Chukka, kamu bisa melihat motif ular melintang di bagian kerah sneaker.
2011
Supreme x Vans 2011 (Foto: Dok. Supreme)
Beberapa minggu memasuki koleksi musim semi dan panas 2011, Supreme mengeluarkan enam pasang warna Vans dari seri Old Skool. Selain model itu, sepanjang tahun 2011, Supreme juga merilis sneaker dengan motif Zebra.
Untuk mengakhiri koleksi musim tersebut, mereka juga merilis sneaker Sk8-Hi dan Era dengan motif lalat terbang. Yap, desain ini sengaja dipilih sebagai persembahan kepada Madrid Fly Paper.
ADVERTISEMENT
2012
Supreme x Vans 2012 (Foto: Dok. Supreme)
Supreme dan Vans memutuskan untuk memulai tahun 2012 dengan sesuatu yang sangat berbeda. Tahun 2012 juga ditandai dengan perayaan dua puluh tahun dari model Half Cab, salah satu model Vans terbesar sepanjang masa. Untuk merayakan ulang tahun bersejarah ini, Steve Caballero membawa dua puluh pasang Vans Caballero yang telah dimodifikasi dengan memotong bagian kerahnya lalu memasangnya dengan selotip.
2013
Supreme x Vans 2013 (Foto: Dok. Supreme)
Maret 2013 Supreme menjalin kerja sama dengan seniman asal Inggris, Peter Saville untuk koleksi pakaian, aksesoris, dan alas kaki. Setiap item dari koleksi itu dihiasi dengan pola bunga dari cover album kedua New Order, 'Power, Corruption & Lies'. Ada tiga model Vans yang dipilih untuk sneaker kolaborasi ini di antaranya Sk8-Hi, Era, dan Chukka.
ADVERTISEMENT
2014
Supreme x Vans 2014 (Foto: Dok. Supreme)
Kolaborasi resmi pertama dengan majalah pria dewasa, Playboy, sebenarnya telah dilakukan Supreme pada tiga tahun sebelumnya. Namun, pada tahun 2014 majalah dengan ikon kelinci itu baru muncul di alas kaki Vans. Yap, sneaker kolaborasi Supreme x Playboy itu dibawa dalam dua model Vans seperti Sk8-Hi, dan Authentic. Dan keduanya juga tersedia dalam empat warna seperti hitam, putih, hijau, dan merah maroon.
2015
Supreme x Vans 2015 (Foto: Dok. Supreme)
Pada awal tahun 2015, Supreme dan Vans merilis sneaker dengan motif kamuflase. Sneaker itu tersedia dalam dua model seperti Sk8-Mid dan Old Skool. Enggak hanya itu, sneaker ini juga tersedia dalam tiga warna yaitu biru, hijau, dan oranye.
2016
Supreme x Vans 2016 (Foto: Dok. Supreme)
Supreme sering sekali membawa embel-embel logo dan desain dari katalog mereka. Dan salah satu logo yang paling banyak disukai para penggemar adalah logo 'Motion' Supreme yang terinspirasi dari pembuka film karya sutradara Martin Scorsese yaitu Goodfellas. Sneaker ini tersedia dalam empat warna yaitu merah, biru, putih, dan hitam.
ADVERTISEMENT
2017
Supreme x Vans 2017 (Foto: Dok. Supreme)
Setelah memasuki tahun baru, Supreme dan Vans merilis model Sk8-Mid. Tersedia dalam empat warna, sneaker itu memiliki bulu lepoard pada bagian upper dengan tampilan kontras warna-warni di bagian depan berbahan suede.
2018
Supreme x Vans 2018 (Foto: Dok. Supreme)
Tahun ini, Supreme dan Vans merilis sneaker model Slip-On dan Sk8-Hi dengan motif tengkorak hijau. Yap, motif itu ternyata terinspirasi dari gambar baju yang dipakai Juicy J, dalam videonya bersama grup hip hop, Three 6 Mafia, berjudul 'Stay Fly'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan