Pencarian populer

Selain Muda, Pemain Basket Indonesia Berikut Punya Segudang Prestasi

Ilustrasi pertandingan basket. (Foto: MOHD FYROL / AFP)

Bola basket merupakan salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia. Tercatat, berbagai liga dan kompetisi bola basket dari tingkat pelajar hingga profesional selalu digelar rutin setiap tahunnya.

Dari situ, olahraga bola basket pun akhirnya terus tumbuh sebagai sebuah industri yang semakin berkembang di negeri ini. Tidak sedikit orang-orang yang akhirnya memilih untuk berkarier dalam bidang ini. Ada yang berawal dari pemain kemudian menjadi kepala pelatih, bahkan ada juga yang akhirnya sampai menjadi pemilik klub.

Bagi kalian generasi milenial yang memang sudah lama serius berlatih olahraga bola basket, kalian tentunya juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemain basket yang sukses. Selama kalian bisa menunjukkan performa yang konsisten, kesempatan itu rasanya akan selalu terbuka lebar.

Untuk membantu kalian mencapai mimpi tersebut, kumparan (kumparan.com) memiliki beberapa daftar pemain basket muda Indonesia berprestasi yang mungkin bisa kalian gunakan sebagai sumber inspirasi dalam memulai karier di olahraga yang satu ini.

Abraham Damar

Loading Instagram...

Bermain untuk klub profesional Stapac Jakarta, performa pemain muda yang satu ini bisa dibilang sangat bersinar di tahun ini. Dengan usianya yang baru 22 tahun, Abraham tercatat setidaknya sudah dua kali masuk ke dalam daftar pemain timnas senior bola basket Indonesia dalam kompetisi SEABA dan SEA Games 2017.

Sementara itu, performanya di liga nasional pun juga terbilang mengesankan. Pada gelaran Indonesian Basketball League 2017, Abraham dinobatkan sebagai pemain dengan peningkatan performa paling baik (Most Improved Player) dengan perolehan rata-rata 12,23 poin per pertandingan, dari yang sebelumnya hanya 6,82 pada 2016.

Selain itu, saat masih bermain di klub Stadium, Abraham juga sempat menjadi salah satu nomine Rookie of the Year. Namun, pada saat itu, penghargaan tersebut akhirnya dimenangi oleh Jamarr Andre Johnson dari klub CLS Knights.

Rivaldo Tandra

Loading Instagram...

Meski saat ini Rivaldo masih bermain untuk Universitas Pelita Harapan (UPH), pemain kelahiran 1996 silam ini sudah secara resmi mengantongi kontrak berdurasi 3 tahun bersama salah satu klub basket profesional ternama di Indonesia, Satria Muda.

Hal tersebut tidak mengherankan. Sebab, Rivaldo sendiri tercatat memiliki prestasi yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Saat masih SMA, dia pernah dua kali berturtut-turut masuk ke dalam daftar pemain DBL All-Star 2012 dan 2013. Di masa perkuliahan, dia juga pernah mendapatkan gelar Most Valuable Player (MVP) serta Top Rebound pada pertandingan final LIMA Basketball Nationals 2016.

Selain itu, Rivaldo juga sering dipercaya mewakili Indonesia dalam berbagai ajang kompetisi bola basket 3 lawan 3 (3x3). Rivaldo bersama 3 pemain lainnya dipercaya untuk mewakili Indonesia di salah satu ajang 3x3 paling bergengsi, yakni 3x3 World Cup 2017 yang diadakan di Nantes, Prancis. Saat ini, dirinya pun tengah berlaga dalam 3x3 Asia Challenge yang merupakan test event jelang Asian Games 2018.

Juan Laurent

Loading Instagram...

Pemain kelahiran Bandung tahun 1995 ini juga terbilang memiliki performa yang cemerlang selama kurang lebih dua tahun bermain di tingkat profesional. Akibat performa baiknya tersebut, Power Forward asal Satria Muda ini mendapatkan gelar Rookie of the Year pada IBL 2017.

Sama halnya seperti Rivaldo, dia juga pernah masuk ke dalam daftar DBL All-Star, sekaligus menjadi MVP pada ajang tersebut di tahun 2011. Juan juga pernah mengantarkan kampusnya, UPH, menjadi juara pada Liga Mahasiswa (LIMA) Nasional 2015.

Selain itu, dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, dia berhasil membawa tim bola basket Jawa Barat meraih medali emas dengan menaklukkan tim Jawa Timur di laga final. Bersama Rivaldo dan dua pemain lainnya, juan juga pernah menjadi juara dalam event L-Men 3x3 Competition Indonesia Tour 2016, hingga menjadi wakil Indonesia untuk FIBA 3x3 World Tour 2016 di Jepang.

Widyanta Putra

Loading Instagram...

Memegang status sebagai pemain termuda di liga basket profesional Indonesia, membuat Widyanta Putra memiliki sangat banyak peluang untuk menjadi pemain besar. Pemain Stapac Jakarta yang baru genap berusia 20 tahun ini, sudah direkrut oleh klub tersebut sejak ia masih berada di bangku SMA.

Widyanta tercatat pernah menjuarai Loop 3x3 Competition pada 2016 bersama SMA IPH Surabaya. Selain itu, dia juga berhasil membawa tim bola basket PON Jawa Timur mencapai partai final pada 2016. Dia juga pernah menjadi runner-up dalam kompetisi Asian Games Goifex Expo Exhibition 2017 bersama bersama tim Atung.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33