kumparan
20 Sep 2019 19:18 WIB

Studi: Milenial dan Generasi Z Paling Banyak Berutang

com-Ilustrasi Tagihan Utang Foto: Shutterstock
Kamu milenial atau generasi Z pengguna kartu kredit? Merasa tagihan tiap bulan membengkak? Kamu enggak sendiri, kok. Pasalnya, memang ada studi yang membuktikan kalau milenial dan generasi Z punya lebih banyak utang dibanding generasi sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Studi ini diinisiasi oleh Northwestern Mutual yang mengungkap bahwa memiliki utang di usia muda itu menjadi sebuah kebiasaan yang normal bagi milenial dan generasi Z.
“Situasi keuangan sekarang beda sama situasi keuangan 30 tahun lalu. Banyak orang yang belum lulus kuliah, sudah memiliki utang,” ujar Chantel Bonneau, seorang wealth management advisor dari Northwestern Mutual seperti yang dikutip dari Buzzfeed News.
Sebanyak 45 persen dari generasi milenial dan 43 persen dari generasi Z merasa bersalah tiap bulannya saat melihat tagihan utang yang ada. Biasanya, dana dari utang ini mereka gunakan untuk belanja bulanan, perbaikan kendaraan, bayar tagihan listrik, air, dan gaya hidup.
“Lebih dari 10 persen penghasilan bulanan milenial dan generasi Z dialokasikan untuk bayar tagihan utang,” lanjut Chantel.
ADVERTISEMENT
Padahal, milenial dan generasi Z selalu stres dan memiliki gangguan kecemasan berlebih tiap akhir bulannya karena utang-utang ini. Sayangnya, pengeluaran yang enggak perlu dan masuk ke tagihan kartu kredit dan tagihan lainnya enggak pernah diubah oleh generasi ini dan mereka tetap mengulangi kesalahan yang sama tiap bulannya.
Kalau kamu, biasanya akhir bulan bayarin utang apa saja, nih?
Penulis: Stefanny Tjayadi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan