kumparan
22 Mei 2018 12:23 WIB

Tambah Uang Jajan, Ini 5 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Bisa Dicoba

Berburu takjil di Pasar Benhil. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Enggak cuma mendapatkan pahala berlimpah, nyatanya, di bulan suci ini, kita juga bisa membuat uang jajan kita bertambah, dengan mencoba lima ide bisnis di bulan Ramadhan berikut ini. Apa saja?
ADVERTISEMENT
Jualan takjil
Aneka takjil di Pasar Benhil. (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
Berjualan takjil jadi ide bisnis seru di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjual beragam hidangan, mulai dari gorengan, kolak, hingga es campur. Selain uang jajan, kamu juga bisa menambah teman atau bahkan mendapat gebetan. Ya, siapa tahu ada pembeli yang kecantol, kan?
Bikin kartu ucapan
Anak membuat kartu lebaran. (Foto: Thinkstock)
Bisnis yang satu ini cocok buat kamu dengan jiwa seni yang tinggi. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual kartu ucapan Lebaran. Kamu bisa membuat kartu tersebut secara handmade, atau bahkan bikin proyek bareng teman kamu yang punya percetakan. Seru!
Garage sale
Garage Sale Online (Foto: Thinkstock)
Buka garage sale juga jadi salah satu ide bisnis seru di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengajak beberapa teman untuk menjalankan ide ini. Buka ‘lapak’ di salah satu rumah teman kamu, dan jual beberapa barang layak pakai, kayak kaus, kemeja, atau sneaker. Bisnis ini juga bisa membantu kamu untuk cepat move on dari mantan. Caranya, jual saja barang pemberian mantan selama garage sale.
ADVERTISEMENT
Jasa hias parsel
Dekorasi Parsel (Foto: Thinkstock)
Selain kartu ucapan Lebaran, salah satu hal yang wajib ada dalam perayaan di bulan Ramadhan adalah parsel. Hal ini tentu bisa kamu jadikan sebagai sarana pendulang uang. Kamu bisa mengunggah beberapa parsel berbeda yang sudah kamu hias sedemikian rupa di media sosial. Setelah itu, biarkan para netizen yang memilih parsel apa yang mereka suka.
Jual kue kering
Kue Kering (Foto: Pixabay)
Dari tahun ke tahun, peminat kue kering saat merayakan Leberan enggak pernah berkurang. Itu artinya, sektor tersebut jadi bisnis yang menjanjikan. Kalau kamu punya skill memasak yang mumpuni, kamu bisa menyalurkannya lewat hal ini. Namun, kalau kamu lebih piawai dalam memasarkan suatu produk, kamu bisa menjadi reseller.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan