Pencarian populer

THR Habis, Gajian Masih Lama: Apa yang Harus Dilakukan?

com-Menghitung keuangan bulanan Foto: Shutterstock

Ramadhan dan perayaan Lebaran telah usai. Namun bagi sebagian milenial yang baru menghasilkan uang sendiri, libur panjang Lebaran mungkin masih menyisakan persoalan lain. Misalnya soal keuangan.

Salah satu yang jamak terjadi adalah THR telah menguap entah ke mana, sementara gajian masih lama. Ini adalah kondisi yang sangat tidak ideal, tetapi apa boleh buat. Nasi sudah menjadi bubur. Mungkin saat Lebaran, kamu lupa mengatur pengeluaran yang seharusnya kamu lakukan. Atau mungkin memang kebutuhanmu sangat besar pada periode Lebaran ini, sehingga pengeluaranmu lebih besar daripada yang diekspektasikan.

Lalu kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan? Tenang, kumparan (kumparan.com) akan berikan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membenahi kembali sektor keuanganmu setelah Lebaran.

Gunakan Sedikit Tabungan Darurat

com-Tabungan darurat Foto: Shutterstock

Pengadaan tabungan darurat akan membantu kondisi keuangan kamu lebih kokoh dan aman. Ya, tabungan ini bisa kamu alokasikan untuk mengatasi berbagai kondisi darurat seperti yang kamu alami saat ini: kondisi kehabisan uang padahal gajian masih lama. Namun yang perlu kamu pastikan adalah menggunakannya dengan tepat. Hindari menggunakannya secara berlebihan.

Laksanakan Program Kencangkan Ikat Pinggang

com-Ikat Pinggang Foto: Shutterstock

Saatnya berhemat dan paksakan diri kamu untuk menghentikan beberapa pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, berhenti mengikuti tren fashion, berhenti membeli produk-produk bermerek, hingga berhenti makan di restoran fancy. Cara ini perlu kamu terapkan sampai kondisi keuanganmu pulih dan bisa mengembalikan tabungan darurat yang telah kamu gunakan selama ini.

Korbankan Rencana-rencanamu

com-Menolak ajakan Foto: Shutterstock

Jika mungkin kamu memiliki rencana-rencana tertentu yang seharusnya akan dilakukan bulan ini dan akan meningkatkan pengeluaranmu, mungkin kamu perlu memikirkannya kembali. Misalnya, agenda makan-makan dengan teman setelah Lebaran yang sebenarnya sudah direncanakan, mungkin perlu ditunda dulu.

Mengorbankan kesenanganmu untuk sementara waktu bisa menyelamatkan kondisi keuanganmu. Oleh karena itu, kamu harus berani untuk meminta maaf dan menolak ajakan teman untuk melakukan rencana-rencana tersebut, ya!

Berutang pada Sumber Terpercaya Jika Terpaksa

com-Pinjaman uang Foto: Shutterstock

Jika tabungan darurat saja tidak cukup. Berutang adalah salah satu solusinya. Tak ada salahnya berutang di saat kondisi seperti ini. Namun, selain memastikan jumlah tak berlebihan - sesuai dengan kebutuhanmu saja, kamu juga perlu #PilihPakeYakin sumber yang terpercaya agar kamu tetap merasa tenang.

Sambil menunggu gajian tiba, empat cara ini bisa kamu lakukan apabila kondisi keuanganmu tak cukup untuk memenuhi kebutuhan lain setelah Lebaran. Silakan dicoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63