Pencarian populer
25 Agustus 2018 18:29 WIB
..
..
Tips Menjadi Content Creator ala Intan Kemalasari
Intan Kemalasari (Foto: Instagram @kemalasari)
Bekerja di bidang kreatif seperti content creator memang sangat menguntungkan. Ide-ide cemerlang dan menarik yang dibuat, dapat mendatangkan berbagai peluang bisnis yang akan mendapatkan pundi-pundi rupiah bagi diri sendiri.
Hal itu pun dirasakan Intan Kemalasari, salah satu content creator yang diundang AXIS Pop Up Station Jakarta untuk berbagi pengalamannya selama terjun di dunia kreatif.
"Berawal dari iseng posting foto di sosial media (Instagram), banyak yang suka foto aku. Akhirnya mereka minta aku untuk sharing lebih banyak (foto). Dari situlah aku ingin mencoba untuk serius terjun sebagai content creator," kata Intan saat ditemui di AXIS Pop Up Station di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (18/8).
Intan Kemalasari di Axis Pop Up Station (Foto: Intan Kemalasari )
Meski begitu, menjadi content creator bukan satu-satunya pekerjaan Intan. Saat ini, Intan juga bekerja sebagai asisten editor di kumparan (kumparan.com).
"Menjadi content creator bukan satu-satunya pekerjaanku. Tapi kalau disuruh pilih, aku sih pilih dua-duanya, karena bekerja itu tidak harus satu profesi saja, tapi bisa bermacam-macam profesi. Dengan begitu rezeki pun pasti bertambah," ujarnya.
Intan Kemalasari (Foto: Instagram @kemalasari)
Wanita yang memiliki 40 ribu lebih pengikut di akun Instagramnya ini pun memberikan tips untuk menjadi seorang content creator. Intan mengatakan ada empat kunci yang mengantarkan dirinya sampai ke pintu gerbang kesuksesan sebagai content creator, di antaranya sebagai berikut.
1. Siap Mental
Kesalahan dalam berbicara atau memposting gambar dan video di media sosial bisa membuat kamu jadi bulan-bulanan netizen. Meski kamu melakukannya secara tidak sengaja, siap-siap untuk menjadi target bullying dengan komentar negatif dan cenderung memojokkan.
"Cyberbullying akan dialami oleh siapapun termasuk content creator. Jadi kalau ingin jadi content creator, siap mental dulu deh. Tapi kalau dapat komentar buruk, ya santai saja. Tidak perlu dibalas," saran intan.
2. Selalu Riset saat Membuat Konten
Daripada ikut-ikutan tren, lebih baik riset. Cari tahu apa yang kamu dan orang lain suka. Dengan begitu, kamu akan temukan passion dirimu sendiri.
Intan Kemalasari (Foto: Instagram @kemalasari)
"Awalnya aku suka posting apapun di akun instagram. Tapi kalau diperhatikan, mereka (followers) lebih suka foto aku yang OOTD. Dari situ aku mulai mendapatkan banyak like, followers, dan pertanyaan-pertanyaan seputar pakaian yang aku gunakan," tambahnya.
3. Membuat Planning
Membuat strategi yang efektif untuk media sosial memang membutuhkan waktu ekstra. Tapi bagi Intan, waktu tersebut akan terbayar dengan hasil yang baik. Cara yang dilakukan Intan pun cukup mudah dan sederhana. Ia hanya membuat jadwal posting yang konsisten.
"Sebaiknya hindari membagikan konten tanpa rencana. Lihat kapan waktu yang tepat untuk posting foto, kalau bisa jangan terlalu sering. Buat juga caption yang menarik agar mereka (followers) tertarik untuk memperhatikan foto yang kita posting," kata pemilik akun instagram @kemalasari ini.
4. Stuck Cari Ide? Main dan Berkolaborasi
Axis Pop Up Station Jakarta (Foto: Maharani Sagita/kumparan)
Kolaborasi adalah nyawa dari karya yang sukses. Kerja tim sangat dibutuhkan untuk menghasilkan konten yang kreatif dan disukai banyak orang. Cara ini selalu dilakukan Intan untuk tetap menghasilkan karya yang menarik.
"Aku lagi kolaborasi bareng dengan seseorang untuk membuat konten promosi, karena bagaimanapun sebagai content creator sangat sulit untuk membuat karya yang unik dan menarik tanpa berkolaborasi," pungkasnya.
Ketika pikiran seolah buntu mencari ide konten terbaru, wanita penggemar K-Pop ini mencoba untuk brainstorming dengan cara bertemu dan bermain bersama adik atau teman-temannya. Selain bermanfaat untuk saling bertukar ide, kamu juga akan lebih mudah mendapatkan jaringan pertemanan baru untuk berkolaborasi.
Jika sulit mencari teman untuk diajak sharing bareng, Intan menyarankan untuk mengikuti event-event yang khusus ditujukkan untuk para content creator seperti AXIS Pop Up Station ini -- tempat anak-anak muda untuk berkumpul, berkarya, dan mengembangkan potensi yang dimiliki.
com-Axis Pop Up Station (Foto: Axis)
Di AXIS Pop Up Station, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan seru, seperti bertemu dengan content creator favorit, sharing bareng mereka, dan juga menikmati fasilitas kekinian yang disediakan seperti games zone ini.
games zone Axis Pop Up Station (Foto: Maharani Sagita/kumparan)
Jadi buat kamu yang lagi buntu ide, ayo bertukar pikiran dan berkolaborasi bareng content creator lain di AXIS Pop Up Station yang digelar di sembilan kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Makassar, Jember, Pekanbaru, Bandung, Banjarmasin, Malang, Medan, dan Yogyakarta.
Untuk info selengkapnya, kunjungi popup.co.id ya!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan AXIS.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: