Pencarian populer

Ujian Sekolah saat Puasa, Berkali Lipat Tantangannya

com-Tips Mempersiapkan Ujian Nasional (Foto: Thinkstock)

Mengerjakan sekian banyak soal ujian saat puasa memang jadi tantangan tersendiri bagi para pelajar. Sudah menahan lapar dan haus, mereka juga harus tetap fokus untuk menjawab soal. Terlebih lagi kalau tiba-tiba rasa kantuk datang. Double tantangannya!

Saat bulan Ramadhan, orang-orang biasanya akan fokus untuk melakukan ibadah. Karena, momen yang hanya datang sekali dalam setahun ini seringkali dipenuhi oleh kegiatan keagamaan demi mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Lantas, bagaimana ya dengan para pelajar muslim yang juga harus menempuh ujian saat bulan Ramadhan?

Mudy, pelajar kelas 11 dari SMA Labschool Rawamangun ini adalah salah satu anak yang menjalani ujian saat berpuasa. Mudy berupaya untuk menyiasati waktu belajarnya dengan waktu ibadah agar tetap seimbang. Bahkan, jauh sebelum ujian berlangsung dan saat liburan pun dia gunakan untuk belajar.

“Dipakai aja waktu luangnya buat nyicil belajar. Jadi pas UAS tinggal review aja,” ujar Mudy membagi tipsnya.

Selain itu, Mudy juga concern akan jam istirahatnya. Saat bulan puasa seperti ini, Mudy biasanya menggunakan waktu siangnya untuk tidur. Pada sore hari, Mudy baru mulai belajar, yang kemudian dilanjut selepas ibadah tarawih.

Sedikit berbeda dengan Mudy, Muhammad Yudhistira atau yang akrab disapa Yudhis, justru lebih memilih untuk bekerja kelompok dengan teman-temannya daripada belajar sendiri. Berdiskusi hingga latihan menjawab soal bersama dengan teman-teman dirasa Yudhis cukup ampuh untuk mencerna pelajaran.

Yudhis juga mengaku bulan Ramadhan kali ini lebih banyak diisi dengan kegiatan ibadah daripada belajar.

“Tapi, kan, dalam Islam, menuntut ilmu wajib, tuh, jadi belajar juga bisa dapat pahala,” jelasnya.

Ilustrasi salat berjamaah (Foto: Aditia Noviansyah)

Saat ditanya mengenai kesulitan ketika mengerjakan soal ujian saat puasa berlangsung, Yudhis berterus terang bahwa dia lumayan kerepotan saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Butuh ketelitian tinggi untuk benar-benar mencerna dan menelaah maksud soal.

“Karena semua jawabannya itu biasanya benar semua, tapi hanya ada satu yang paling benar,” ucap cowok yang masih duduk di kelas 11 SMAN 1 Palu ini.

Ternyata, selain kesulitan dan tegangnya saat menghadapi soal-soal, ada juga cerita lucu di tengah ujian berlangsung. Mudy, yang kala itu harus duduk berdampingan dengan kakak kelasnya harus menahan malu karena perut kosong yang sedang lapar-laparnya itu bunyi.

“Aku waktu itu duduk sama kakak kelas cowok, terus perut aku bunyi kencang banget. Malu banget langsung nunduk. Tapi untungnya dia pura pura nggak tahu gitu,” curhat Mudy malu-malu.

Sejak saat itu, Mudy lebih memperhatikan asupan makannya saat sahur dan banyak mengonsumsi air putih agar lebih fokus saat mengerjakan soal ujian di siang harinya.

“Aku banyakin makan pas sahur sama minum juga biar enggak zonk gitu,” paparnya.

Nah, buat kalian yang akan atau sedang menjalani ujian saat bulan puasa ini, tetap semangat, ya! Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dan mengatur jam istirahat kamu. Semoga lancar ya, ujian dan puasanya!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23