Pencarian populer

Walau Tanpa Kartu, Setor dan Tarik Tunai di ATM Juga Bisa Dilakukan

com-Ilustrasi tarik tunai tanpa kartu ATM Foto: Shutterstock

Sejak bulan Ramadhan, dagangan Didi (30) laris manis. Sebagai pedagang oleh-oleh di Yogyakarta, bulan Ramadhan atau saat perayaan Idul Fitri adalah berkah tersendiri untuk Didi. Pada momen ini, banyak orang yang mampir ke tokonya untuk membeli dagangannya sebagai buah tangan hasil mudik.

Tentu momen mudik seperti ini tidak boleh ia lewatkan satu detik pun. Didi berusaha maksimal agar tokonya selalu buka. Sehingga masyarakat bisa membeli oleh-oleh di tokonya.

com-Ilustrasi seorang pebisnis Foto: Shutterstock

Kesibukan Didi sebagai pedagang membuatnya kesulitan untuk berkumpul bersama keluarga. Meski begitu, keluarganya pun mengerti bahwa Didi adalah tulang punggung keluarga dan sedang memanfaatkan momen Ramadhan dan Lebaran untuk panen rezeki.

Masalahnya, dengan kesibukannya berdagang, Didi tidak punya waktu untuk pergi menabung di Bank, karena jam operasional Bank bersamaan dengan banyaknya pembeli yang harus Ia layani. Namun Didi khawatir soal tindak kejahatan jika Ia terlalu banyak memegang uang tunai.

Didi pun menceritakan masalahnya ini kepada temannya yang membantunya berdagang. Untungnya teman Didi tahu bahwa ada sebuah bank swasta nasional yang memiliki layanan setor tunai di ATM tanpa harus datang ke kantor cabang bank terdekat atau membawa kartu ATM (cardless).

com-Ilustrasi Setor Tunai Mobile BCA Foto: Dok. BCA

Setengah tidak percaya, Didi mengikuti instruksi temannya. Untung Ia sudah memiliki aplikasi BCA, Ia tinggal meng-update aplikasi tersebut. Ia kaget bahwa benar ternyata BCA mobile sekarang ada menu "Setor Tarik". Ia pun memilih menu setor dan memilih rekening yang dituju.

com-Ilustrasi pebisnis sedang menggunakan m-BCA Foto: Shutterstock

Langkah selanjutnya adalah memasukan PIN BCA mobile untuk mendapatkan enam digit kode transaksi. Setelahnya Didi mendatangi ATM terdekat untuk melakukan setoran tunai. Sesampainya di ATM dia memilih layanan “Transaksi Tanpa Kartu”.

Didi memasukan nomor handphone yang didaftarkan pada BCA mobile dan meng-input 6 digita kode transaksi yang ia dapatkan sebelumnya. Kemudian dia menghitung jumlah uangnya, memasukan uangnya ke dalam mesin ATM, dan memastikan jumlah yang yang tertera di layar ATM sudah sesuai.

Setelah berhasil, Didi pun langsung menelepon temannya untuk mengucapkan terima kasih. Lantaran sudah membantunya setor tunai di BCA tanpa harus bawa kartu ATM atau datang ke kantor bank terdekat. Prosesnya mudah, cepat, dan dapat dilakukan di mana saja. Sejak mengetahui layanan ini, Didi tidak pernah absen untuk setor tunai di ATM setelah pulang berdagang.

Ternyata selain Didi, ada orang lain juga yang khawatir soal uang tunai. Tapi kali ini malah sebaliknya, kehabisan uang tunai. Dia adalah Andi (33).

com-Ilustrasi seseorang sedang menyetir Foto: Shutterstock

Andi tidak pernah absen untuk menunaikan tradisi mudik. Ya setiap tahun Andi selalu pergi ke Pacitan untuk bertemu keluarga besarnya di sana. Andi pun memiliki prinsip lebih baik membawa uang secukupnya daripada membawa uang berlebihan saat mudik. Ia khawatir dengan membawa uang tunai terlalu banyak malah mengundang oknum tidak bertanggung jawab.

Namun sayangnya prediksi kebutuhan biaya mudik Andi itu meleset. Saat hendak menuju Jakarta, ia kehabisan uang tunai. Ditambah lagi kartu ATM miliknya tidak sengaja tertinggal di Jakarta. Andi pun panik dan memberitahu istrinya akan masalah ini.

com-Ilustrasi pasangan suami istri sedang menggunakan m-BCA Foto: Shutterstock

Beruntungnya, istri Andi, Puput (31), tahu bahwa Andi memiliki rekening BCA dan sudah menginstall layanan BCA mobile. Puput pun memberitahu Andi untuk segera membuka aplikasi tersebut.

Dengan arahan istrinya, Andi membuka BCA mobile dan membuka menu “Setor Tarik”. Kemudian Puput meminta Andi untuk memilih menu “Tarik” dan mengisi nominal atau jumlah uang yang akan ditarik.

com-Tarik Tunai Mobile BCA Foto: Dok. BCA

Setelah mendapatkan 6 digit kode transaksi. Andi mencari ATM BCA terdekat. Sesampainya di ATM, Andi memilih menu “Transaksi Tanpa Kartu”. Lalu dia memasukan nomor handphone yang terdaftar di BCA mobile dan memasukan 6 digit kode transaksi yang ia dapatkan sebelumnya.

Karena merasa terselamatkan, Andi tanpa sadar memeluk istrinya di dalam ATM. Melihat suaminya lega, puput pun berpesan kepada Andi untuk merahasiakan kode transaksi tersebut dan kode tersebut hanya berlaku selama dua jam.

Kedua ilustrasi di atas menunjukkan betapa mudahnya melakukan setor dan tarik tunai di ATM BCA saat ini walau tanpa kartu ATM. Tinggal memiliki aplikasi BCA Mobile, semua nasabah BCA dapat melakukan setor dan tarik tunai di seluruh ATM BCA. Jadi, kini kamu tak perlu khawatir lagi ketinggalan dompet atau kartu ATM saat bepergian.

Sudah siap mencoba fitur baru ini? Download dan update aplikasi BCA mobile kamu sekarang! Setor tarik tunai tanpa kartu #dibikinsimpel aja!

Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Bank BCA.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55