Pencarian populer
25 September 2018 18:03 WIB
0
0

Waspada, Ini Bahaya dari Strategi Belajar Sistem Kebut Semalam

Belajar di tengah cahaya lilin (Foto: Adiwinata Solihin/Antara)
Memasuki masa-masa ujian tengah semester (UTS) kayak sekarang, enggak sedikit dari kamu yang belajar dengan cara sistem kebut semalam atau SKS. Enggak perlu belajar dari jauh-jauh hari, para penganut sistem kebut semalam hanya butuh kopi pahit agar kuat melek semalaman untuk menghapal buku catatan.
ADVERTISEMENT
Tapi ternyata, begadang untuk belajar dengan cara sistem kebut semalam ini memiliki efek samping yang cukup membahayakan bagi tubuh, lho. Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari laman Huffington Post.
1. Membuat cepat lupa
Begadang karena sistem kebut semalam justru membuat ingatanmu enggak berfungsi dengan baik. Hal ini terjadi karena kamu kurang tidur. Padahal, salah satu fungsi tidur yang paling dibutuhkan ialah menyegarkan otak agar bisa berfungsi kembali. Oleh sebab itu, ketika waktu tidurmu berkurang, kemampuanmu untuk memperhatikan, mengingat, dan berpikir akan menurun secara signifikan.
2. Merusak mood
Kurang tidur juga bisa merusak mood dan membuat emosimu naik-turun seperti rollercoaster. Selain itu, tubuhmu akan mengeluarkan 'sengatan' energi dan memberikanmu sensasi euforia jangka pendek. Ini sebenarnya justru berbahaya, karena tubuhmu hanya 'mengelabui' dan membuatmu untuk berhenti apapun yang kamu lakukan untuk segera istirahat.
ADVERTISEMENT
3. Menambah berat badan
Kurang tidur juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuhmu dengan memicu perubahan hormon leptin dan ghrelin. Hormon ini membuatmu merasa lebih lapar dan selalu menginginkan karbohidrat, serta makanan manis daripada biasanya. Alhasil, berat badan bertambah, risiko terkena diabetes pun menjadi lebih besar.
4. Menurunnya nilai rapor
Menurut riset dari Universitas St. Lawrence, siswa yang enggak pernah begadang untuk sistem kebut semalam memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang melakukannya. Hal ini disebabkan kurangnya waktu tidur yang dimiliki para siswa. Lagipula, kurang tidur juga membuatmu susah fokus dalam menghadapi ujian.
5. Menyebabkan stroke
Meski kamu rajin berolahraga dan memiliki pola makan yang sehat, kebiasaan begadang akibat sistem kebut semalam bisa membuatmu terserang penyakit stroke. Berdasarkan laporan dari Associated Professional Sleep Societies, orang yang tidur kurang dari 6 jam tiap malam, 4 kali lebih berisiko terkena stroke ketimbang yang jam tidurnya lebih lama.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86