Michelin Bikin Ban dari Sampah Plastik

AUTOBUZZ
Menyuguhkan konten-konten yang ringan dan menghibur. Semoga Anda suka.
Konten dari Pengguna
19 Mei 2021 10:33 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari AUTOBUZZ tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Visual penggunaan daur ulang menjadi ban. Foto: dok. Michelin
zoom-in-whitePerbesar
Visual penggunaan daur ulang menjadi ban. Foto: dok. Michelin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Michelin
merupakan salah satu produsen
ban
yang cukup ternama. Namun, proses pembuatan ban pun membutuhkan banyak sumber daya yang tentunya berefek samping pada alam. Berita baiknya, perusahaan asal Prancis itu ingin mengurangi penggunaan sumber daya yang merusak bumi. Tahun lalu, Michelin mengembangkan ban karbon netral pertama yang bernama e.Primacy dan ban tersebut mulai dijual secara global.
ADVERTISEMENT
Tidak sampai situ saja,
Michelin
berencana akan menghilangkan sampah-sampah plastik yang merusak lingkungan dengan memanfaatkan plastik tersebut yang kemudian didaur ulang dan dijadikan bahan yang digunakan untuk memproduksi ban-ban mereka.
Ban Michelin pada BMW. Foto: dok. Michelin
Michelin sendiri sudah memiliki target bahwa di tahun 2030 nanti mereka harus mencapai 40% penggunaan bahan berkelanjutan dan menjadi karbon netral pada tahun 2050.
Michelin dikenal sebagai salah satu perusahaan yang mampu memproduksi
ban
performa tinggi untuk mobil-mobil seperti Bugatti Chiron, tetapi melihat perkembangan teknologi pada otomotif saat ini, banyak perusahaan mobil sport seperti Porsche mulai mengembangkan mobil ramah lingkungan mereka sendiri seperti Porsche Taycan. Hal tersebut membuat Michelin inisiatif ingin mengembangkan rencana mendaur ulang botol plastik dan dijadikan bahan untuk pembuatan ban.
ADVERTISEMENT
Bekerja sama dengan perusahaan biokimia asal Prancis, Carbios, Michelin percaya ada cara untuk mengubah sampah botol plastik menjadi ban mobil.