Dari Traktiran Bakso Hingga Jadi Tempat Curhat Customer

Curhat Ojek
Semua keluh kesah, suka-duka, dan cerita driver ada di sini!
Konten dari Pengguna
18 Januari 2017 16:33 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Curhat Ojek tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Membonceng (Foto: Unsplash)
Jadi driver ojek online emang nano-nano, kadang asem, asin, dan manis. Asemnya kadang dapet penumpang yang bau ketek. Ew!
Disgusting (Foto: Trevor Moran)
Ini adalah salah satu curahan hati gue mengenai dunia ojek online yang udah gue geluti dari bulan puasa tahun lalu. Sebenernya gue juga gak pengen sih kayak gini tapi berhubung gue belum dapet kerjaan lagi dan daripada kerjaan gue cuma gogoleran aja di rumah gak jelas, lebih baik gue cari uang dan gue akhirnya memutuskan buat gabung ke Grab.
ADVERTISEMENT
Awal nge-Grab, gue jadi seorang single fighter. Istilah tersebut digunakan untuk seorang driver yang gak punya komunitas alias senang berkelana sendiri. Gue juga baru tau istilah tersebut semenjak gabung di salah satu komunitas yang ada di daerah Cibubur, Jakarta Timur. Gue juga tau bahwa di setiap daerah Jabodetabek, pasti ada komunitasnya atau biasa disebut KBGB (Keluarga Besar Grabbike).
Oke, itu tadi sekilas cerita gue waktu awal nge-Grab, sekarang gue mau cerita suka duka gue ketika dapet customer. Gue setiap harinya dapat customer yang pastinya memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang jutek kalo diajak ngobrol, ada yang friendly, gue lagi diem aja tiba-tiba dia ngajak ngobrol, bahkan ada yang diem aja kayak patung selama perjalanan. Lebih asik sih dapet penumpang cantik dan ternyata dia asik diajak ngobrol.
ADVERTISEMENT
Pernah satu waktu gue dapat orderan dari daerah Cileungsi menuju ke Ciracas, Jakarta Timur dan ternyata yang order tersebut cantik agak-agak mirip Nikita Willy sih (ini serius!).
Terkesima (Foto: Gifsforum)
“Misi, kak atas nama Seruni?” (nama disamarkan).
“Iya betul, ini Pak Bayu ya?” ujar dia.
Dalam hati gue berkata, “Gila, mimpi apa nih gue adem-adem gini suasana abis hujan dapet customer cantik, bisa kali ahh kenalan hmm...”.
“Ahh jangan panggil ‘Pak’, saya masih umur 23, kak” celetuk gue.
“Oke deh mas, berarti kita beda dua tahun, saya 25. Yaudah langsung jalan aja yuk”.
Setelah gue memberikan helm dan menawarkan masker, akhirnya gue jalan menuju tempat tujuan dengan sangat hati-hati. Udah sangat jelas buat seorang driver seumuran gue gini, dapet penumpang yg cantik adalah anugrah sekaligus rezeki apalagi kalo orangnya ramah jadi selama di perjalanan terasa menyenangkan aja gitu, hehe. Kadang ada pertanyaan, “Terus lo kalo dapet yang kayak gitu lo modusin ga? Save gak nomornya?” dan gue akan jawab enggak. Kenapa? Ya kali nyadar diri juga lah itu kan customer dan kalo macem-macem, kita bisa aja dilaporin ke pihak kantor. Kalo udah begitu, siap-siap aja besok gak bisa nge-Grab lagi.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari semua itu, gue seringkali denger cerita temen-temen gue di komunitas, kadang ada juga yang customer-nya kepincut sama driver dan suka tiba-tiba menghubungi sang driver. Ada salah satu temen gue driver Grab yg punya tampang lumayan, dia seringkali diminta oleh customer yg sebelumnya pernah dia antar untuk kemudian minta diantar lagi sama dia dan seterusnya. Bahkan salah satunya juga ada yang naksir dan deket sampe sekarang. Hmmm, kalo udah begitu sih rezeki nomplok namanya, argo ceban membawa cinta! (cocok dijadiin judul ftv).
Berpegangan tangan (Foto: Unsplash)
Oke, balik lagi ke cerita gue sama Seruni.
Ketika gue hampir sampai di tempat tujuan, tiba-tiba Seruni meminta gue untuk berhenti.
ADVERTISEMENT
“Mas, kita ke tukang bakso dulu yuk saya laper nih pengen makan bakso dulu, boleh kan? Masnya mau nggak?”
“Boleh, kak duh jadi gak enak saya, saya nunggu juga gak apa-apa kok,” ujar gue malu-malu monyet.
“Yah jangan gitu dong mas, saya malah yang gak enak, mas nunggu di luar saya makan bakso sendirian. Udah gapapa.”
Akhirnya gue meng-iyakan.
Gila, udah cantik, baik banget nih customer mau nawarin gue makan bareng dia. Sering-sering deh gue dapet customer yang kayak gini, bakal seneng banget gue tiap harinya. Akhirnya kita berdua berhenti di salah satu warung bakso yg gak jauh dari gang tempat Seruni tinggal.
Bakso Pak Gondrong Cipete (Foto: Salmah Muslimah)
Sambil menikmati bakso, Seruni menceritakan tentang dimana dia tinggal, pekerjaannya, sampai tentang kehidupan asmaranya. Ternyata dia baru aja diputusin cowoknya. Hmm, pantes aja ngajak makan dulu ternyata dia pengen curhat dulu toh, dan gue sebagai driver yang baik akhirnya mendengarkan dia. Gak terasa gue sama dia ngobrol udah hampir satu setengah jam dan belum pernah sama sekali gue ngalamin yg seperti ini, diajak makan dan ngobrol sama customer. Setelah membayar bakso gue pengen bayar sendiri tapi ditolak oleh Seruni dan dia yang ngebayarin. Gue melanjutkan perjalanan yg tinggal sebentar lagi hingga akhirnya sampai di rumahnya.
ADVERTISEMENT
Seruni mengeluarkan uang sebesar 50 ribu dari dompetnya lalu dikasih ke gue sambil berujar,
“Nih, mas ambil aja kembaliannya yah.”
“Loh, kak, ini kembalian 25 ribu loh,” ucap gue sambil megang dua lembar 10 ribu dan satu lembar 5 ribu yg sudah lusuh.
“Udah ambil aja semuanya. Mas btw, makasih banyak yah tadi udah mau dengerin curhatan saya dan mau nemenin makan bakso juga, jujur saya gak tau musti curhat ke siapa jadi saya cerita sama mas Bayu aja hehehe gapapa kan?”
“Saya juga makasih banyak, kak hehe gapapa kok saya seneng ngobrol sama kak Seruni yg cantik dan baik hatinya,” ujar gue sambil senyum-senyum manja (becanda kok ini senyum gue ya senyum sewajarnya orang seneng).
ADVERTISEMENT
“Ahh mas bisa aja, oh iya mau mampir dulu gak? Siapa tau mau istirahat dulu,” ujarnya menawarkan.
“Mampir gak ya? Mampir gak ya? Ummm langsung aja deh kak, mau ngejar bubaran sekolah nih biasanya orderan bakal banyak di sekolahan.”
“Oke kalau begitu, saya masuk ya. Makasih banyak, Mas Bayu” ucap Seruni sambil menepuk pundak gue.
Waving hand (Foto: Giphy)
Customer kayak Seruni ini menurut gue adalah customer yang paling menyenangkan diantara yang jutek atau yang selama perjalanan diem aja kayak patung (ya iya lah jelas). Gue berlalu dari rumahnya menuju salah satu sekolah menengah atas. Di jalan gue senyum-senyum sendiri dan berkata dalam hati, “Wah bodoh yah itu mantannya mutusin Seruni cuma karena hal sepele doang, kalau gue bisa jadi cowoknya bakal seneng banget dan gak akan gue putusin”. Ah apalah gue, hanya seorang driver Grab dan gak mungkin juga begitu, hanya sebuah angan-angan saja. Gue yg tadinya jalan pelan menambah kecepatan motor karena sekolah yang ingin gue tuju sudah mulai bubaran.
ADVERTISEMENT
Ini ceritaku, mana ceritamu?