News
·
16 Oktober 2020 18:26

Serunya Lomba Dadakan Dispangtan Kota Malang untuk Peringati Hari Pangan Sedunia

Konten ini diproduksi oleh PEMKOT Malang
Serunya Lomba Dadakan Dispangtan Kota Malang untuk Peringati Hari Pangan Sedunia (7251)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kiri) dalam peringatan hari pangan sedunia, Jum'at (16/10). foto: feni yusnia
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Malang, turur peringati Hari Pangan se-Dunia, pada Jum'at (16/10). Agar semarak, Dispangtan melakukan pendampingan, penilaian dan penguatan serta pemilihan Kampung Pangan di wilayah Kota Malang.
ADVERTISEMENT
Turut hadir, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, perlombaan ini cukup unik, di mana tak ada pemberitahuan terkait adanya lomba sebelumnya.
Sistemnya, Dispangtan langsung berkunjung ke tiap kelompok tani (poktan) yang diusulkan oleh masing-masing penyuluh di wilayah binaannya. Di sana, Dispangtan berkunjung, menilai sekaligus mengevaluasi peserta lomba tersebut.
"Dengan demikian, ada dua hal yang langsung bisa didapatkan. Pertama, sebagai report kinerja penyuluh. Kedua, menjadi motivasi para poktan untuk terus membudidayakan tanamannya agar makin produktif dan bermanfaat," ujarnya
Sementara itu, Plt. Kadis Pangtan, Diah Ayu Kusumadewi menambahkan bahwasanya kampung pangan dibentuk untuk kemudian dapat dijadikan pusat percontohan pemanfaatan lahan sempit dan menanam kebutuhan paling dasar seperti sayur mayur dan budidaya ternak.
ADVERTISEMENT
"Memang kampung pangan ini dibentuk untuk pemanfaatan pekarangan atau lokasi tempat tinggal sebagai pemenuhan sumber pangan dan gizi keluarga maupun masyarakat setempat yang segar dan murah," imbuhnya
Dengan adanya kegiatan ini, Diah berharap agar masyarakat mampu mengenal potensi pangan di sekitarnya. Selain untuk melengkapi kebutuhan pangan yang tidak besar, juga mendorong keluarga agar memanfaatkan lahan sempit di rumah dengan teknik pertanian yang kekinian.
Berikut daftar pemenang lomba Kampung Pangan, yakni:
1. Pemenang 1 poktan Lestari Kelurahan Kebonsari Kec Sukun
2. Pemenang ke 2 kelompok Marsose Kel Ksatrian Kecamatan Blimbing
3. Pemenang 3 Poktan Babasay Krl Balearjosari Kec Blimbing
4. Pemenang Harapan 1 Poktan Kenanga Kel Merjosari Kec Lowokwaru
ADVERTISEMENT
5. Pemenang Harapan 2 Kelompok PKK RW 09 Krl Madyopuro Kec Kedungkandang