Food & Travel
·
14 September 2021 15:49
·
waktu baca 2 menit

Cara Membuat Nugget Ayam Tahu untuk Bekal Si Kecil

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Cara Membuat Nugget Ayam Tahu untuk Bekal Si Kecil (146346)
searchPerbesar
Illustrasi Cara Membuat Nugget Ayam Tahu untuk Bekal Si Kecil. Sumber: www.unsplash.com
Salah satu lauk yang seringkali hadir dalam menu bekal si kecil adalah Nugget Ayam. Menu yang satu ini termasuk salah satu menu siap saji yang mudah diolah. Cukup digoreng sebentar dan voila, nugget pun siap disajikan.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Olahan Ayam Kampung yang Lezat dan Sehat: Elex Media Komputindo, 2020:54, sebenarnya nugget adalah hidangan yang sudah dikenal oleh masyarakat Amerika sejak tahun 60-an. Pada awalnya, Nugget dibuat dari ayam petelur yang tidak lagi berproduksi karena sudah tua, sedangkan ayam yang sudah tua tak lagi enak untuk menjadi bahan konsumsi.
Walaupun banyak sekali olahan nugget siap saji di luar sana, seringkali para bunda khawatir Nugget yang disajikan merupakan panganan olahan yang melalui pemrosesan yang panjang sehingga nilai gizinya berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda dapat membuat Nugget Ayam sendiri di rumah. Berikut cara membuat nugget ayam tahu sebagai variasi bekal si kecil.

Cara Membuat Nugget Ayam Tahu

Bahan-Bahan:
ADVERTISEMENT
  • 250 gr tahu putih
  • 250 gr daging ayam cincang
  • 150 gr tepung tapioka
  • 500 gr tepung panir/panko/breadcrumb
  • 1 butir telur
  • 1 sdt bumbu italia
  • 1 sdt ketumbar
  • garam dan lada sesuai selera
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
Cara Membuat Nugget Ayam Tahu
Ini dia cara membuat nugget ayam tahu, sajian sehat untuk bekal si kecil. #userstory
1. Haluskan tahu
Haluskan tahu kemudian campurkan tahu, daging ayam cincang, tepung tapioka dan telur dalam mangkok dan aduk atau uleni hingga merata. Tambahkan bumbu italia, ketumbar, lada dan garam sesuai selera.
2. Bentuk menjadi bola kecil-kecil
Jika adonan sudah tercampur bentuk adonan dengan tangan menjadi bola kecil-kecil, kemudian gulingkan adonan di tepung panir atau panko hingga seluruh permukaannya tertutup dengan tepung panir. Letakkan Nugget dalam wadah dan dinginkan di dalam freezer.
3. Goreng dalam minyak panas
Jika adonan sudah beku, goreng dengan minyak panas hingga berwarna coklat ke-emasan dan nugget dapat disajikan
Nugget Ayam Tahu ini dapat dibuat terlebih dahulu dan disimpan dalam freezer sampai dengan sebelum dimasak. Pastikan memasak dengan minyak goreng yang panas dan api sedang agar hidangan tidak beku di dalam dan gosong di luar. Cara membuat Nugget Ayam Tahu ini juga dapat dimodifikasi sesuai selera dan kebutuhan anda. Selamat mencoba!
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white