Food & Travel
·
21 Juli 2021 14:06
·
waktu baca 1 menit

Resep Croffle yang Lagi Viral, Bisa Jadi Camilan Favorit Keluarga

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Food hybrid layaknya croffle memang sedang begitu digandrungi. Banyak sekali kafe, toko roti, sampai kedai kopi yang menyajikan kudapan manis tersebut.
ADVERTISEMENT
Croffle digemari lantaran teksturnya renyah, flaky, gurih nan manis di luar yang bikin nagih. Tidak heran kalau camilan kekinian itu laku di mana-mana. Bahkan, banyak orang rela mengantre berjam-jam guna bisa menikmati seporsi croffle.
Tapi, daripada kamu keluar rumah atau menghabiskan puluhan ribu untuk beli croffle, mengapa tidak coba membuatnya sendiri saja? Resep dan cara membuatnya pun cukup mudah.
Bila kamu tertarik bikin camilan viral satu ini, kami punya resep praktis croffle yang dapat dibuat di rumah. Pastinya cocok sebagai camilan keluarga, lho.

Resep Croffle yang Lagi Viral

Resep Croffle yang Lagi Viral
Yuk, intip resep praktis croffle kekinian yang sedang viral. #userstory
Bahan-bahan
  • 200 gram tepung terigu
  • 20 gram gula pasir
  • 20 gram mentega atau butter beku
  • 4 gram ragi
  • 2 butir telur
  • 6 gram susu skim bubuk
  • garam secukupnya
  • 100 ml air hangat
Langkah-langkah
  1. Tuang air hangat dan ragi ke wadah. Aduk merata, lalu tutup wadah. Diamkan dan tunggu sampai ragi mengembang. Jika sudah mengembang, masukkan telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan ragi.
  2. Di wadah berbeda, masukkan tepung, susu skim bubuk, gula, mentega, serta sedikit garam. Campur dan aduk sampai merata. Campur adonan kering dan basah. Diaduk hingga benar-benar tercampur dan tekstur mulai padat. Setelahnya, tuang semua adonan ke alas plastik. Uleni adonan sampai lentur dan elastis. Lalu, masukkan kembali ke wadah tertutup, diamkan selama 30 menit.
  3. Sembari menunggu adonan mengembang. Ambil sisa mentega atau butter beku. Pipihkan dengan rolling pin, kemudian simpan di kulkas selama 15 menit.
  4. Setelah adonan mengembang. Pipihkan namun jangan terlalu tipis. Beri mentega beku di atas adonan. Uleni dan giling kedua adonan sampai menyatu dan tidak ada sisa menteganya. Kemudian, diamkan adonan jadi selama 30 menit di suhu ruangan.
  5. Bagi adonan jadi beberapa bagian. Lalu gulung membentuk croissant. Tunggu sampai adonan mengembang, dan siapkan panggangan waffle.
  6. Panaskan panggangan, olesi sedikit butter, lalu letakkan 2-3 adonan berbentuk croissant. Panggang sampai warna croissant mulai kecokelatan. Jika sudah berubah warna, angkat, dan sajikan dengan topping sesuai selera. Croffle siap disantap!