Bisnis
·
29 April 2021 15:57

Donny Kris Ingin Bangun Desa Wisata melalui Amazing Malang Tourism Startup

Konten ini diproduksi oleh TDA
Donny Kris Ingin Bangun Desa Wisata melalui Amazing Malang Tourism Startup (221339)
Donny Kris. Foto: dok
MALANG - Presiden TDA 6.0, Donny Kris Puriyono memiliki gebrakan baru yang diimpikan sejak 4 tahun silam, yakni membangun destinasi wisata di desa-desa.
ADVERTISEMENT
Sam DK, panggilan akrabnya, tengah menyiapkan konsep coworking space yang digunakan diskusi para pelaku industry pariwisata dengan nama Amazing Malang Tourism Startup yang terletak di lantai 3 Gedung Malang Strudel Karanglo - Malang, Jawa Timur.
"Pembangunan ini selaras dengan program Sandiaga Uno Menteri Parekraf yang salah satu programnya adalah banyak membangun desa wisata," ucapnya.
Donny Kris Ingin Bangun Desa Wisata melalui Amazing Malang Tourism Startup (221340)
Donny Kris dan Sandiaga Uno. Foto: dok
Dia menyebutkan, meski di tengah pandemi dan terpuruknya industri pariwisata, dia justru akan membangun banyak desa wisata melalui Amazing Malang Tourism Startup.
"Memang pandemi memukul berat industri pariwisata, tetapi justru kondisi inilah momentum terbaik untuk membangun desa-desa wisata. Pandemi membuat habit wisatawan berubah total," katanya.
Pria yang hobi travelling ini mencontohkan, saat ini wisatawan lebih nyaman melakukan wisata kembali ke alam dalam small group atau private family. Rupanya, nomadic traveler semakin trend karena masyarakat terbiasa Work From Home (WFH) dan bisa bekerja dari mana saja.
ADVERTISEMENT
"Hingga trend berwisata model hidden gem seeker, mencari spot wisata yang sepi, tersembunyi, dan tidak mainstream, itu semua adalah potensi desa wisata. Kita akan mulai dari membangun desa di Malang terlebih dahulu. Kemudian InsyaAllah menuju desa di seluruh Indonesia," ujarnya.
Menurutnya, alam Indonesia tak kalah indah dengan luar negeri, Pengalamannya traveling ke HalongBay yang merupakan salah satu keajaiban dunia, ternyata tidak ada tandingannya dengan Raja Ampat di Papua. Selain itu, pengalamannya keliling New Zealand dengan campervan tidak kalah menarik dengan alam Sumbawa dan Sumba di Indonesia.
"Indonesia dikaruniai alam yang sangat luar biasa, namun sayang pengelolaannya belum maksimal. Branding wisatanya pun tidak seagresif di luar negeri. Alam di Vietnam yang katanya indah, sebenarnya tidak ada apa-apanya dibanding Indonesia, hanya saja kita kalah promosi bahkan dengan negara tetangga Malaysia kita masih kalah branding," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, banyak desa di Indonesia yang memiliki daya tarik wisata sangat luar biasa, sehingga berpotensi meningkatkan pendapatan desa yang besar dan kemakmuran warga. Dengan ini, ekonomi akan berputar lebih cepat dan lebih besar dari desa yang dikelola dengan baik.
"Namun ini banyak terkendala di SDM yang ada di desa. Untuk itu saya membangun coworking space yang dapat mempertemukan para pelaku industry pariwisata yang sudah sukses, para investor yang siap menanamkan modalnya di desa, dan juga para pelaku yang ingin serius bisnis membangun desa wisata," ungkapnya.
Perlu diketahui, Donny juga salah satu aktivis Campervan Indonesia, yang sering traveling bersama keluarga dengan menggunakan mobil campervan, baik keliling Indonesia maupun luar negeri.
ADVERTISEMENT
Dia memodifikasi mobil VW T5 menjadi sebuah campervan yang nyaman untuk menginap di dalam mobil sekaligus memasak dan fungsi hiburan lainnya.
"Selalu ada pengalaman baru, belajar hal baru, ketemu circle orang-orang baru, dan tentunya banyak cerita selama traveling bersama campervan menjelajah Indonesia hingga ke pelosok," bebernya.
Melalui akun YouTube @sam.donnykris milik Sam DK - Campervan Indonesia, dia menggaungkan tagline Indonesia seindah ini, kamu di rumah saja.