Bisnis
·
15 April 2021 23:48

Memulai Usaha Modal Rp 300 Ribu, Kini Uun Unerie Kembangkan Bisnis Minuman Sehat

Konten ini diproduksi oleh TDA
Memulai Usaha Modal Rp 300 Ribu, Kini Uun Unerie Kembangkan Bisnis Minuman Sehat (34633)
Uun Unerie dan salah satu produk minuman sehat, sari buah kemasan. dok
CIREBON - Uun Unerie seorang ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan mulai menjalankan bisnis sejak tahun 2008. Usaha produk teh rosella dan sirup rosella yang sedang tren.
ADVERTISEMENT
Uun mengatakan, bahwa bisnis yang dilakukan berawal dari keinginan untuk mandiri dan memiliki penghasilan sendiri mencoba membuat 2 produk. Namun, karena pasarnya specifik dengan strategi apapun peningkatan omzet sangat lambat.
Memulai Usaha Modal Rp 300 Ribu, Kini Uun Unerie Kembangkan Bisnis Minuman Sehat (34634)
syrup michiko dan reosella. dok
"Akhirnya tahun 2014 saya coba inovasi dengan mengolah mangga gedong buah khas daerah Cirebon biar bisa di nikmati sepanjang masa dan jadi ikon oleh-oleh khas daerah Cirebon. Mangga gedong kami olah menjadi sirup dan sari buah dan Alhamdulillah respon pasar positif sehingga penjualan meningkat drastis," ujarnya.
Melihat peningkatan dalam penjualan produk akhirnya olahan mangga gedong diberi nama Michiko sirup dan sari buah. Tak hanya itu, Uun sering mendapatkan penghargaan dari Kementrian terkait dengan kualitas produk.
Memulai Usaha Modal Rp 300 Ribu, Kini Uun Unerie Kembangkan Bisnis Minuman Sehat (34635)
Sirup Michiko kemasan botol. dok
"Alhamdulillah sering memperoleh penghargaan seperti penghargaan sidhakarya untuk kualitas dan produktivitas dari kementerian tenaga kerja, penghargaan penggerak kewirausahaan tingkat nasional dari Kemenpora, penghargaan OVOP one village one produk,"terangnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, juga mendapatkan bintang 4 dari Kementerian Perindustrian. Uun terus memperbaiki kualitas produk agar bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat disepanjang tahun.
"Saya ingin mangga gedong bisa dinikmati sepanjang tahun dengan olahannya dan menjadi ikon oleh-oleh khas Cirebon, karena pada waktu itu, sekalipun Cirebon terkenal dengan mangga gedongnya tapi produk olahannya belum ada di pasaran," bebernya.
Memulai Usaha Modal Rp 300 Ribu, Kini Uun Unerie Kembangkan Bisnis Minuman Sehat (34636)
Uun Unerie santai sejenak setelah mengurusi bisnis minuman sehatnya. dok
Bisnis dengan modal Rp 300 ribu akhirnya membuahkan hasil dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Hal ini tidak lepas dari kerja keras dan inovasi produk.
"Alhamdulillah kerja keras tidak menghianati hasil, selama kita yakin dan optimis menjalankan bisnis, pasti ada jalan menuju sukses, walaupun ukuran sukses tiap orang berbeda beda,"ungkapnya.
Sementara itu, untuk mengembangkan bisnis lainya Uun tengah membuka bisnis di bidang tour travel dan catering. Bisnis baru yang tengah dijalani berdasarkan pada pasion Uun yang gemar jalan-jalan dan makan.
ADVERTISEMENT
"Saya mencoba pengembangan bisnis sesuai dengan hobbyku," katanya.
Uun membagikan tips bisnis bagi para pembaca diantaranya niat, fikus, ikhtiar dan menjalin silaturahmi.
"Niatkan yang kuat untuk apa kita berwirausaha, fokus kembangkan satu bisnis yg bikin orang ingat kita, ikhtiar yang maksimal, jalankan dan nikmati sebagai hobby, kembangkan dengan melihat peluang-peluang seiring perjalanan bisnis kita , jalin silaturahmi dan jaga integritas kita," terangnya.
Bergabung dengan komunitas TDA dilakukan sejak tahun 2015. Selama menjadi member TDA daerah Cirebon dia banyak mendapatkan pengalaman, jaringan, mentor bisnis. Selain itu, Uun pernah menjabat sebagai bendahara TDA daerah Cirebon.