Bisnis
·
17 April 2021 20:10

TDA Tulungagung, Luncurkan Aplikasi UMKM dan Toko Online ELoza

Konten ini diproduksi oleh TDA
TDA Tulungagung, Luncurkan Aplikasi UMKM dan Toko Online ELoza (423328)
Aplikasi ELoza saat disosialisasikan pada anggota TDA Tulungagung. dok/pribadi
TULUNGAGUNG - Komunitas Tangan Diatas Daerah Tulungagung menggelar sosialisasi dan peluncuran Aplikasi berbasis Android bernama ELOZA bertempat Gedung serbaguna PLUT Tulungagung, Kamis (15/4/2021).
ADVERTISEMENT
Aplikasi ELOZA nerupakan hasil karya salah satu Anggota TDA Tulungagung, Budi Santosa, melalui perusahaannya Exrush. Budi mengatakan, bahwa aplikasi ELOZA adalah aplikasi serbaguna baik untuk usaha kecil maupun besar sebagai sebuah toko online, katalog produk bahkan sampai costumer relationship managemen (CRM).
TDA Tulungagung, Luncurkan Aplikasi UMKM dan Toko Online ELoza (423329)
Anggota TDA Tulungagung, saat usai menerima cara kerja aplikasi ELoza. dok/pribadi
"Jadi, dengan aplikasi ELOZA pemilik usaha akan memiliki sebuah landing page produk mereka dengan sangat mudah untuk pengoperasiannya, dengan melakukan download di Playstore, install dan ikuti petunjuk yang ada selanjutnya pemilik usaha sudah memiliki landing page sendiri," ujarnya.
Dia menyebutkan bahwa banyak sekali UKM di Tulungagung yang memiliki produk bagus namun terkendala dari sisi teknologi. Oleh sebab itu, eloza didesain mudah sehingga bisa digunakan siapapun.
"Aplikasi ini bisa digunakan semua orang dan semua kalangan. Bahkan oleh orang paling gaptek sekalipun," beber Budi.
TDA Tulungagung, Luncurkan Aplikasi UMKM dan Toko Online ELoza (423330)
Budi Santosa sang penemu aplikasi ELoza. dok/pribadi
Dia berharap, TDA maupun komunitas lain bisa saling bersinergi membantu UKM untuk memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk.
ADVERTISEMENT
"Mari bersama bergandeng tangan dengan tim exrush untuk saling membantu UKM kita dalam memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk sesuai dengan perkembangan zaman/teknologi IT. Selain itu, harapan terkecil kami tidak ada lagi satupun UKM di tulungagung pada khususnya maupun di seluruh Indonesia pada umumnya yang tidak bisa membuat atau mengolah website. Kegiatan ini tentunya semua itu tidak akan mungkin bisa tercapai tanpa menggandeng TDA maupun komunitas lainnya," harapnya.
Nantinya, aplikasi ELOZA bisa dipakai Anggota TDA secara Nasional. Meskipun gratis dia akan terus memaksimalkan teknologi yang dikembangkan agar semakin mudah dan powerfull.
"Kami harap anggota TDA yang sudah expert bisa membantu anggota TDA lain yang mungkin wawasan IT nya masih kurang dalam menggunakan aplikasi ini," bebernya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu Yanuri. M. Pd selaku Konsultan UMKM Tulungagung berharap para pelaku umkm dapat memanfaatkan ilmu yang di dapatkan khususnya dalam pemasaran di era digital saat ini termasuk ELOZA. Tak hanya itu, TDA dapat menjalin Kerja sama dengan PLUT KUMKM TULUNGAGUNG terkait dengan pelatihan dan pemasaran produk para anggota TDA khususnya.
Selanjutnya, Ketua TDA Tulungagung 1.0 , Galih Surya Hardyanto menyambut baik dan mendukung aplikasi ELOZA. Bahkan dia berupaya untuk membawa Aplikasi ELOZA ke skala Nasional melihat Anggota TDA tersebar di seluruh Indonesia dan Dunia.
"Kegiatan ini juga tidak lepas dari Kolaboraksi Exrush dengan beberapa komunitas bisnis lain di Tulungagung antara lain Kampung UKM Digital , Wirausaha Muda Tulungagung, FORKOM UKM, AHJ dan lainnya.
ADVERTISEMENT
"Sudah saatnya tidak ada lagi celah antar Komunitas Bisnis di Tulungagung dan harus bersinergi untuk kemajuan dan kesejahteraan Pelaku UMKM di Tulungagung khususnya dan Indonesia pada umumnya,"bebernya.
Selain itu, Imam Machmudin Anggota TDA Tulungagung menambahkan bahwa eloza dibuat oleh PT exrush digital nusantara dan dikembangkan berbagai komunitas di tulungagung. Hal ini, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada UKM yang masih gaptek.
"Oleh sebab itu, dengan adanya aplikasi ini nantinya lebih melek digital dan juga sebagai bentuk Kolaboraksi untuk Negeri seperti slogan Komunitas TDA," tandasnya.