Food & Travel
·
22 Juli 2021 7:53
·
waktu baca 1 menit

Ragam Makanan dari Beras Ketan

Konten ini diproduksi oleh Aang Afandi
Ragam Makanan dari Beras Ketan (488386)
searchPerbesar
Onde Onde Ketan Hitam hasil olahan salah satu Hotel di Surabaya, dengan menggunakan ketan hitam menjadikan panganan ini unik. (Aang Afandi)
Ragam makanan dari beras ketan, baik dari bahan beras ketan ataupun beras ketan yang telah menjadi tepung, adapula yang tepungnya disengaja buat agak kasar agar memunculkan sensasi rasa yang unik dan berbeda. Ternyata ragam makanan dari beras ketan ini cukup di kenal di Asia Tenggara sampai dengan Vietnam. Wajar, karena kita ketahui bahwa produksi komoditi ini juga cukup besar di kawasan Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Ragam makanan yang ditandai * (bintang) merupakan makanan khas Indonesia yang sudah dikomersialkan dan memiliki merk dagang. Seperti halnya Dodol, terdapat Dodol garut Picnic dan Jenang Kudus Mubarok. Onde - onde punya nama dagang yang populer di Mojokerto Jawa Timur, Onde - Onde Bo Liem yang ada sejak 1929. Ragam merk Mochi di Sukabumi dan Cianjur juga sangat populer. Wingko Babad cap Kereta Api dan Stoom sangatlah populer di Semarang, hal yang sama juga terjadi di Babat Lamongan, ditepian jalan sepanjang kota Babat selalu menyajikan Wingko Babat dengan berbagai varian dan ukuran.