kumparan
29 Maret 2018 13:12

Sabtu Besok, Pemkab Cirebon Akan Gelar Kirab Budaya Cirebon

AboutCirebon.id ,- Dalam rangka hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke-536, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon akan menggelar Kirab Budaya Cirebon, yang akan berlangsung, Sabtu besok (31/3).
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, H. Hartono mengatakan, Kirab Budaya Cirebon akan diikuti oleh 40 kecamatan dan 5 kabupaten/kota tetangga.
“ Kirab ini akan menampilan seni tradisional dan kebudayaan Cirebon, khususnya seni yang hampir punah di Cirebon,” ujarnya usai Deklarasi Anti Hoax di Lapangan Ranggajati, Sumber, Kamis (29/3/2018).
Penampilan yang hampir punah diantaranya adalah Tari Angklung Bungko, Seni Bray atau Genjring dari Kecamatan Gegesik, penampilan wayang wong, dan lain sebagainya.
Kata dia, Wayang Wong di Kabupaten Cirebon tinggal menyisakan 1 group saja, yang berasal dari Kecamatan Suranenggala.
“Semua tadi akan ditampilkan, dengan harapan generasi muda termotivasi untuk meneruskan seni kesenian Cirebon,” bebernya.
Lanjut dia, dampak dari Kirab Budaya Cirebon tahun yang lalu dengan menggelar parade sandiwara, Alhamdulillah sekarang sudah muncul 5 sandiwara kecil. Pemainnya adalah anak-anak usia SMP dan SMA.
ADVERTISEMENT
“Itu ada di Kecamatan Suranenggala dan Kapetakan, sudah terbentuk 5. Ini merupakan hasil dari kegiatan tahun kemarin,” jelasnya.
Ia berharap, dengan ditampilkannya kesenian-kesenian yang hampir punah ini, generasi muda bisa untuk menggali dan mengoptimalkan tentang seni tradisional yang hampir punah tersebut.
“Untuk acara Kirab Budaya Cirebon 2018, acara akan dimulai dari depan Kodim 0620 dan berakhir di Kemenag Sumber,” pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan