Food & Travel
·
17 Oktober 2020 21:41

3 Versi Kari yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Konten ini diproduksi oleh Absal Bachtiar
Banyak yang bilang bahwa kari berasal dari Asia Selatan. Terutama India yang kemudian meluas ke kawasan Asia Pasifik dan juga Eropa.
ADVERTISEMENT
Perluasan dari masakan ini pun kemudian membuat berbagai macam versi dari kari itu sendiri. Mulai dari yang klasik hingga dicampur dengan berbagai macam resep rempah dan menu.
Nah, sebelumnya sudah dibahas dua versi kari yang paling populer. Berikut ini ialah tiga lainnya.

Bhuna

3 Versi Kari yang Mungkin Belum Kamu Tahu (68392)
Wikimedia Commons
Nama Bhuna juga mengacu pada cara memasak kari. Dalam bahasa Urdu, bhunna artinya digoreng. Hidangan yang berasal dari Bengal ini biasanya dibuat dengan menggoreng banyak bumbu dengan suhu tinggi. Daging kemudian ditambahkan dan dibiarkan mendidih sampai menghasilkan cairannya sendiri. Hasilnya adalah saus yang kental dengan rasa yang kuat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan paprika hijau dan irisan bawang bombay.

Jalfrezi

3 Versi Kari yang Mungkin Belum Kamu Tahu (68393)
Wikimedia Commons
Jalfrezi adalah penemuan Anglo-India lainnya. Orang Inggris di kolonial India selalu mencari cara untuk menggunakan sisa makanan mereka, dan biasanya mereka akan menggorengnya dengan cabai dan bawang. Dengan menggunakan cabai hijau, dengan api yang sedang, mereka membuat hidangan kari dengan rasa yang super pedas.
ADVERTISEMENT

Rogan Josh

3 Versi Kari yang Mungkin Belum Kamu Tahu (68394)
Wikimedia Commons
Masakan ini terdiri dari potongan daging domba yang direbus dengan kuah yang kaya rasa. Rasanya berasal dari bawang putih, jahe, bawang merah kecoklatan, dan rempah-rempah aromatik (cengkeh, daun salam, dan kapulaga). Rogan Josh adalah salah satu hidangan andalan di Kashmir. Untuk versi Kashmir, warna merah dihasilkan dari cabai lokal, sedangkan restoran Inggris menambahkan paprika merah dan tomat untuk membuatnya menjadi sedikit berwarna merah tua.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white