Opini & Cerita15 September 2020 5:08

Halligen, Pulau 'Petak Umpet' di Jerman

Konten kiriman user
Halligen, Pulau 'Petak Umpet' di Jerman (838492)
Lukisan yang menggambarkan Halligen | Wikimedia Commons
Pada masa lalu, selama Zaman Viking, Halligen bahkan sangat stabil untuk dihuni. Namun sekarang, dari sepuluh Halligen, hanya lima di antaranya yang dapat dihuni, termasuk di lepas pantai sebelah barat Jerman, di Laut Wadden.
ADVERTISEMENT
Serangkaian pulau kecil yang sangat rendah itu terkadang juga disebut Hallig. Destinasi wisata yang merupakan bagian dari Taman Nasional Schleswig-Holsteinisches Wattenmeer.
Daratan Halligen hanya beberapa meter di atas permukaan laut, jadi setiap laut pasang ia akan tenggelam di bawah air. Wisatawan pun hanya dapat mengunjunginya saat Halligen tidak menghilang.
Halligen, Pulau 'Petak Umpet' di Jerman (838493)
Lukisan yang menggambarkan Halligen | Wikimedia Commons
Pada abad pertengahan, ada banyak sekali Halligen di Jerman. Tetapi, sayangnya, jumlah Halligen semakin sedikit seiring naiknya permukaan laut pulau-pulau mungil itu menghilang. Beberapa di antaranya terkadang muncul lagi setelah musim dingin berlalu.
Meski keberadaan Halligen tidak konsisten, beberapa penduduk memilih tinggal di sana. Mereka membuat rumah permanen di atas halaman buatan yang disebut warft atau gundukan tanah yang lazimnya ditumbuhi rumput hijau. Dengan begitu, ketika banjir periodik yang dikenal dengan sebutan landunter menyerang, rumah-rumah di Halligen tetap aman.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white