News9 Januari 2020 15:52

Kala Hari Natal Dipenuhi Cerita Seram Tentang Hantu

Konten kiriman user
Kala Hari Natal Dipenuhi Cerita Seram Tentang Hantu (30772)
Foto: Natal
Hari Natal identik dengan kemeriahan dan kebahagiaan. Sebagai hari besar, sudah tentu banyak orang yang larut dalam suka cita saat merayakannya. Namun, sejarah menunjukkan bahwa ternyata Hari Natal pernah pula lekat dengan hal yang menyeramkan.
ADVERTISEMENT
Hal menyeramkan dari Hari Natal berasal dari sejarah dan asal-usul tradisi pada hari raya tersebut. Pada masa lalu, pernah ada kebiasaan saling menceritakan kisah tentu hantu saat Hari Natal tiba, terutama di Inggris. Pada tahun 1891, seorang penulis bernama Jerome K. Jerome bahkan menerbitkan koleksi cerita hantu Natal yang berjudul Told After Supper.
"Setiap kali lima atau enam orang yang berbahasa Inggris bertemu di sekitar api pada malam Natal, mereka mulai saling bercerita tentang hantu," demikian tulis Jerome.
Pada era 1800-an, Natal di Inggris memang jauh dari kesan sukacita. Alih-alih bergembira, masyarakat justru lebih banyak bekerja saat Natal dan berlibur dianggap sebagai hal hal yang kurang penting. Tak heran apabila hal suram seperti cerita tentang hantu bisa menjadi tradisi Natal di sana.
ADVERTISEMENT
Tradisi cerita hantu Hari Natal kemudian menghilang seiring dengan semakin populernya Hari Halloween. Ketika imigran dari Skotlandia dan Irlandia berdatangan ke Amerika, mereka membawa tradisi dan budaya dari negeri asal tak terkecuali Samhain, hal yang akhirnya sekarang kita kenal seagai Halloween.
Setelahnya, hari Halloween pun lebih sering dijadikan momen untuk bercerita tentang hantu. Saat Natal tiba, orang-orang pun tak perlu melakukannya lagi.
Sumber: britannica.com | theguardian.com| ripleys.com
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white