kumparan
15 Sep 2019 16:54 WIB

Lucy the Elephant, Salah Satu Bangunan Tertua di AS

Foto: commons.wikimedia.org
Namanya "Lucy Si Gajah", tetapi jangan berpikir dia adalah hewan hidup, karena Lucy adalah sebuah bangunan berbentuk gajah yang dirancang seperti menara. Lucy yang bearada di Margate City, New Jersey, Amerika Serikat, begitu spesial karena sudah berdiri sejak tahun 1881.
ADVERTISEMENT
Sejarahnya bermula pada 1881, tatkala pengusaha real estate asal Philadelphia, James V. Lafferty memulai proyek pembangunan Lucy. Tujuan Lafferty tidak terlepas dari usaha real estate-nya, yakni menarik pelanggan dan juga turis. Untuk membangun Lucy, Lafferty dibantu oleh arstitek William Free dan J. Mason Kirby.
Lucy - yang sebelumnya bernama Elephant Bazaar (Gajah Bazar) - mempunyai tinggi 19.7 meter, panjang 18,3 meter, dan lebar 5,5 meter. Beratnya 90 ton dan termasuk dalam 12 patung tertinggi di Amerika Serikat. Patung gajah yang terinspirasi gajah sirkus terkenal bernama Jumbo itu membutuhkan dana 25 ribu sampai 38 ribu dollar dalam pembangunannya.
Konstruksi Lucy membutuhkan hampir sejuta balok kayu, 200 tong paku, 4 ton baut dan lempeng besi. Di dalamnya, terdapat ruangan dengan 12 ribu persegi lapisan timah dan 22 jendela yang tersebar dalam bangunan tersebut.
Foto: commons.wikimedia.org
Selesai dibangun, Lucy --yang saat itu masih bernama Gajah Bazar-- kemudian dijual oleh Lafferty ke Anton Gertzen pada 1887 dan secara turun temurun menjadi kepemilikan keluarga Gertzen hingga 1970. Menantu Anton, Sophia Gertzen, kemudian menamakannya "Lucy the Elephant" pada 1902. Uniknya, meski mempunyai nama yang feminin, bentuk Lucy sendiri menyerupai kepala gajah jantan Asia dengan gading yang tampak menghiasi struktur bagian depannya.
ADVERTISEMENT
Awalnya Lucy berguna sebagai bangunan multifungsi, di antaranya untuk pelayanan restoran, perkantoran, penginapan, dan kedai minuman. Lucy begitu ikonis sehingga beberapa kartu pos dihiasi dengan fotonya dengan embel-embel tulisan "The Elephant Hotel of Atlantic City". Lucy pun beberapa kali muncul dalam film-film Hollywood, salah satunya adalah film 'The King of Marvin Gardens' yang dibintangi aktor kawakan Jack Nicholson.
Saat ini Lucy masih berdiri gagah dan setiap tanggal 20 Juli diperingatkan sebagai hari ulang tahunnya. Pihak kota akan merayakannya dengan beragam festival dan permainan anak di area bangunannya. Bersama Cabazon Dinosaurs, Jolly Green Giant, Lucy the Elephant menjadi salah satu bangunan atraksi pinggir jalan tertua di Negeri Paman Sam.
Sumber: lucytheelephant.org | ripleys.com
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan