Opini & Cerita
·
13 September 2020 1:28

Mi, Makanan Populer yang Memiliki 5 Fakta Unik

Konten ini diproduksi oleh Absal Bachtiar
Mi, Makanan Populer yang Memiliki 5 Fakta Unik (135489)
Foto: Unsplash/Sebastian Huxley
Sejarah mi amat erat dengan Tiongkok. Di negara inilah, dipercaya bahwa mi pertama kali dibuat, sekitar 4.000 tahun lalu. Mi juga melambangkan umur yang panjang di Tiongkok. Oleh karena alasan ini diciptakanlah "mi panjang umur", yang lebih panjang daripada mi biasa, yang sering disajikan pada saat perayaan Tahun Baru Imlek.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu, popularitas mi tidak hanya tinggi di Tiongkok saja. Di belahan negara lain, bahkan di seluruh dunia, makanan ini telah menjadi salah satu yang terfavorit. Seiring dengan penyebarannya ke banyak tempat, mi pun hadir dengan beragam fakta unik. Berikut ini ialah lima di antaranya.

Ratusan juta mi instan dimakan di seluruh dunia

Dari laporan BBC International, ​​270 juta porsi mi instan dimakan di seluruh dunia. Rata-rata ini terjadi setiap hari, menurut World Instant Noodles Association.
Jika dirata-ratakan setiap tahunnya, masing-masing pria, wanita, dan anak-anak, yang ada di Bumi, paling sedikit memakan 16 hingga 17 porsi mi instan.

Ada tiga museum mi instan di Jepang

Bagi orang Jepang, mi instan adalah sebuah kebanggan. Dari Negeri Sakura inilah penciptaan mi instan bermula. Maka tidak mengherankan, dari sebuah hasil jajak pendapat disimpulkan bahwa orang Jepang menganggap mi instan sebagai penemuan terbaik mereka di abad kedua puluh.
ADVERTISEMENT
Kebanggaan itu semakin dipertegas dengan berdirinya tiga museum mi instan di Jepang, dengan museum di Yokohama didedikasikan sepenuhnya untuk cup noodles.

Barang legal yang laku di penjara

Mi instan rupanya telah menggantikan rokok, sebagai barang yang paling banyak diperdagangkan di penjara Amerika Serikat. Dengan pemotongan anggaran penjara, sebagian besar narapidana hanya diberi makan sesuai jumlah kalori minimum. Walhasil, mi instan yang murah menjadi subsidi favorit bagi narapidana.
Terkadang, narapidana yang pintar menghemat lazim menggunakan mi sebagai mata uang alternatif untuk membayar hal lainnya di penjara.

Ada mi sepanjang lebih dari 3 kilometer

Rekor Dunia Guinness, untuk mi terpanjang di Bumi, dipecahkan oleh perusahaan makanan dari Tiongkok. Perusahaan ini berhasil memasak satu irisan mi dengan panjang 3.084 meter.
ADVERTISEMENT
Staf dari Xiangnian Food Co. Ltd menghabiskan 17 jam untuk mi raksasa, yang dibuat dari resep ramen tradisional. Juri yang memeriksa mi tersebut bahkan membutuh waktu tiga jam, untuk melihat keutuhannya dari ujung ke ujung.

Menyeruput mie dianggap sopan

Jepang memang negara yang amat menghargai mi. Penduduk di sana punya tradisi bahwa menyeruput dengan keras saat makan mi adalah hal yang sopan. Sama sekali tidak dianggap mengganggu, justru bagus sebagai tanda apresiasi.
Video
Ada baiknya jika kamu sedang duduk menikmati semangkuk mi di Negeri Matahari Terbit, gunakan sumpit untuk mengarahkan mi ke dalam mulut, lalu seruput tanpa ragu. Tindakan ini menunjukkan kepada tuan rumah bahwa kamu amat menikmati makanannya pun menyukai rasanya.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white