kumparan
5 Desember 2018 21:56

Orisinalitas Stempel Mentega dari Abad Ke-19

Produsen mentega menggunakan alat ini sebagai identifikasi keaslian merek mereka.
Foto: flickr.com/thorskegga
ADVERTISEMENT
Sebelum mentega dijual dalam kemasan bermerek, para peternak sapi perah mengklaim orisinalitas dagangan mereka lewat kreativitas pada stempel. Sebuah benda yang menampilkan motif-motif indah untuk menjamin pelanggan tak membeli produk tiruan.
Hal tersebut penting, terutama karena pada abad ke-19 di (Amerika Serikat dan Eropa) hasil olahan susu mulai dijual dipasar dan tidak langsung dari peternakan. Pedagang culas dapat saja berbohong soal kualitas dan asal muasal produknya, tetapi tanda stampel mentega tak mungkin dapat mereka palsukan.
Kebanyakan stempel itu terbuat dari kayu yang dibentuk seperti lonceng dalam ukuran cukup besar. Di Amerika Serikat, desain yang paling sering ditampilkan ialah gambar tulip, hewan ternak, atau nanas, terkadang juga menampilkan pola-pola gambar satwa dan bunga liar yang rumit.
ADVERTISEMENT
Saat ini, banyak museum yang memasukkan stempel mentega ke dalam daftar koleksi mereka. Sementara para penggemar barang antik juga mencarinya sebagai bagian penting dari budaya material sebelum abad ke-20.
Sumber: atlasobscura.com
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan