kumparan
KONTEN PENGGUNA
6 Februari 2020 19:05

Patung Yesus yang Tak Punya Tempat Tinggal

Statue_of_Jesus_as_a_Homeless_Man_in_Roman_Catholic_Capharnaum.jpg
Foto: Jesus The Homeless
Sekitar tahun 2013 lalu, seorang pematung handal asal Kanada, Timothy Schmalz telah menempatkan banyak patung di seluruh kota-kota besar di dunia. Kebanyakan patung yang dibuatnya tersebut menggambarkan seorang pria yang sedang berbaring di atas sebuah bangku. Patung-patung perunggu tersebut dibuat dengan wajah yang disembunyikan, tangan yang terbalut selimut, dengan kaki yang sedang terluka. Diyakini oleh banyak orang bahwa patung tersebut adalah Yesus.
ADVERTISEMENT
Patung yang dibuat oleh Timothy kebanyakan ditaruh di depan gereja-gereja. Hal tersebut memunculkan kontroversi dari masyarakat setempat. Banyak orang yang melaporkan patung tersebut kepada pihak berwajib, yang lain juga tak ketinggalan untuk menyampaikan keluhan mereka melalui surat kabar setempat. Mereka merasa bahwa itu merupakan bentuk penghinaan kepada Putra Allah. Bahkan, tidak sedikit gereja yang menolak patung tersebut ditempatkan di depan institusi mereka.
Namun, salah satu gereja bernama Episkopal St. Alban di Davidson, North Carolina menerima dan tidak mempermasalahkan hal ini. Pendeta David Buck dari gereja tersebut merasa bahwa patung itu memberikan keaslian pada gereja mereka.

“Ini adalah gereja yang relatif makmur dan kita perlu diingatkan bahwa iman kita mengekspresikan dirinya dalam kepedulian aktif terhadap masyarakan yang terpinggirkan. Kami percaya bahwa itulah jenis kehidupan yang dimiliki Yesus. Dia, pada dasarnya adalah seorang tunawisma,” jelas Buck.

ADVERTISEMENT
Saat ditanyai, Timothy Schmalz selaku seniman patung tersebut adalah seorang kristiani juga. Ia mengatakan bahwa inspirasi pembuatan patung tersebut berasal dari seorang tunawisma yang pernah ia lihat di sebuah bangku di Toronto.
1 (4).jpg
Foto: Patung Yesus ini diberi nama Matius 25 yang merujuk pada kutipan Injil
Dia menamai patung buatannya Matius 25, nama itu merujuk pada kutipan dari Injil. “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, apapun yang kamu lakukan untuk salah satu dari saudara-saudaraku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untukku.”
Sumber: anglicannews.org | mary.org | amusingplanet.com
Sumber foto: commons.wikimedia.org
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan