kumparan
News2 Februari 2020 10:59

Penyelamatan Burung Hantu Liar yang Obesitas

Konten kiriman user
extra_large-1580460706-cover-image.jpg
Foto: Plum si burung hantu betina yang obesitas
Apa jadinya jika kita menemukan seekor burung liar yang terjebak diselokan dan tidak bisa terbang? Pasti kita akan berpikir mungkin ia terluka atau sayapnya patah. Namun, di Inggris ada satu kasus unik tentang burung hantu yang tidak dapat terbang akibat obesitas. Burung hantu montok itu terjebak dalam parit sebelum ditemukan oleh penduduk sekitar.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya, dokter hewan yang memeriksa mengira burung hantu itu terluka atau sayapnya basah sehingga menghalanginya untuk terbang. Tetapi pemeriksaan lebih lanjut mengungkapkan bahwa burung itu ternyata mengalami masalah berat badan.
Burung hantu betina itu memiliki bobot sekitar 245 gram atau sekitar sepertiga lebih besar dari rata-rata berat badan burung hantu liar. Kelebihan berat badan yang signifikan mempengaruhi kemampuannya untuk terbang. Padahal burung hantu montok ini termasuk dalam spesies umum yang disebut burung hantu kecil (Athene noctua) dan hidup disebagian besar daerah beriklim Eropa, Asia dan Afrika Utara.
Kejadian aneh ini sungguh tak biasa, hampir tidak pernah terdengar ada burung liar obesitas, apalagi burung pemangsa. Para ahli mencurigai asal mula burung hantu montok ini merupakan burung peliharaan yang terlepas sebelum terjebak di parit. Namun, setelah beberapa percobaan, mereka menyimpulkan bahwa burung ini bukan peliharan karena lebih tertarik mengambil jenis makanan liar, seperti tikus hitam. Jadi Plum (nama burung hantu montok) yang malang ini tidak dapat menyalahkan siapapun kecuali dirinya sendiri yang menyebabkan obesitas.
ADVERTISEMENT

“Kami yakin ini mungkin hanya kasus obesitas alami! Setelah penyelidikan lebih lanjut, kami juga menemukan bahwa daerah di mana dia diselamatkan merangkak dengan tikus dan tikus lapangan karena musim dingin yang hangat dan basah yang kami alami pada bulan Desember, ” Kata Suffolk Owl Sanctuary dalam sebuah postingannya di situs Facebook.

Untuk membantu Plum, tim Suffolk Owl Sanctuary merehabilitasnya. Mereka menerapkan rutinitas penurunan berat badan kepada Plum dan ternyata berhasil. Menurut juru bicara Suffolk Owl Sanctuary "Dia telah menghabiskan beberapa minggu bersama kami di bawah pengawasan dan menjalani diet ketat." Kini Plum dapat terbang kembali dan akan dilepaskan ke pedesaan Inggris minggu ini.
Sumber: nbcnews.com | owl-help.org.uk| iflscience.com
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan