Opini & Cerita9 Agustus 2020 16:09

Tsundoku, Kecintaan Membeli Banyak Buku dan Tidak Membacanya

Konten kiriman user
Tsundoku, Kecintaan Membeli Banyak Buku dan Tidak Membacanya (1078945)
Foto: Pixabay/Eli Digital Creative
Dalam bahasa Jepang, ada sebutan untuk orang-orang yang amat bernafsu memiliki buku, namun tidak terlalu bergairah menikmati ilmunya, yaitu tsundoku. Kata tersebut menggambarkan kecintaan seseorang untuk mengumpulkan bahan bacaan dan membiarkannya menumpuk, baik di rumah, perpustakaan pribadi, atau di kamar sendiri. Sial, perasaan yang menggebu-gebu itu justru memudar, bahkan sebelum ia mulai membuka setiap halamannya.
ADVERTISEMENT
Menurut Profesor Andrew Gerstle, yang mengajar teks bahasa Jepang pramodern di Universitas London, Inggris, istilah tsundoku sudah berusia cukup tua dan tidak berasal dari kebiasaan masyarakat abad ke-20 atau setelahnya. Eksistensi tsundoku bahkan dapat ditemukan di media cetak pada awal tahun 1879, yang berarti bahwa kata itu kemungkinan telah populer digunakan oleh masyarakat sebelumnya.
Kata doku biasanya digunakan sebagai kata kerja, yang berarti "membaca". Sementara, tsun dalam tsundoku berasal dari tsumu, yaitu sebuah kata yang berarti "menumpuk". Jadi bila disatukan, tsundoku memiliki arti: membeli bahan bacaan dan menumpuknya.
"Frasa tsundoku sensei muncul dalam teks pada tahun 1879, menurut penulis Mori Senzo," ungkap Gerstle, dilansir BBC International. "Yang mungkin (dimaksudkan sebagai) satir, tentang seorang guru yang memiliki banyak buku tetapi tidak membacanya."
ADVERTISEMENT
Walaupun tsundoku berkesan seperti istilah yang digunakan sebagai untuk menghina, Gerstle menegaskan bahwa kata itu sama sekali tidak membawa stigma apa pun di Jepang. Jadi, tidak masalah bila seseorang amat gemar membeli banyak buku dan hanya menumpuknya.
Tsundoku bukanlah aib. Boleh jadi seseorang memang berhasrat menjadi kolektor buku.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white