Pencarian populer
USER STORY
17 Februari 2019 18:53 WIB
..
..

6 YouTuber Aceh dengan Penghasilan Miliaran Rupiah

Ilustrasi. Foto: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan

Ada banyak sekali YouTuber Aceh yang berpenghasilan di atas Rp1 miliar per tahun. Namun, melacak keberadaan mereka yang aktif mengumpulkan pundi-pundi dollar di platform berbagi video ini tidaklah mudah. Kalau kita mengetik kata kunci "Youtuber Aceh" di kolom pencarian YouTube, hasilnya ada ribuan hasil pencarian untuk kueri tersebut.

Selain itu, sangat jarang seorang YouTuber bersedia membagikan informasi jumlah pendapatan yang diperolehnya dari YouTube. Soal penghasilan termasuk masalah sensitif dan tabu bagi mereka. Alhasil, tidak gampang bagi kita membuat klasifikasi siapa YouTuber Aceh yang mendapatkan pendapatan tertinggi di YouTube.

Pun begitu, kita bisa memanfaatkan algoritma dan penghitungan kasar dari SocialBlade.com, sebuah situsweb yang menyediakan data statistik channel YouTuber dan akun media sosial lainnya secara real-time. Karena itu, acehkini.id menggunakan platform berbasis di Amerika itu untuk menghitung estimasi penghasilan seorang YouTuber Aceh.

1. Mahfudzah Said

Mahfudzah Said membawakan Assalamu'alaika. Foto: Channel YouTube Mahfudzah Said

Mahfudzah Said adalah channel resmi dari pemilik nama panggung Puja Syarma. Gadis asal Singkil, Aceh yang masih berstatus mahasiswa di sebuah kampus di Medan ini mengelola Puja Syarma Home Studio. Channel YouTube-nya memiliki 430 ribu pengikut atau subscribers. Salah satu video cover yang diunggahnya, Assalamu'alaika, sudah ditonton lebih 58 juta kali.

Berdasarkan penghitungan dari SocialBlade, penghasilan Mahfudzah Said per bulan berada pada kisaran 1,5 ribu hingga 23,5 ribu dolar AS atau setara Rp22,2 juta hingga Rp333,7 juta. Sementara pendapatannya per tahun berada pada kisaran 17,7 ribu hingga 283,8 ribu dolar AS atau setara Rp250,3 juta hingga Rp4 miliar.

2. Tereza Fahlevi

Video klip Tereza Fahlevi membawakan Lagu Cinta. Foto: Channel YouTube Tereza Fahlevi

Pemuda berkaca-mata asal Lhokseukon, Aceh Utara ini adalah seorang penyanyi yang hit lewat tembang Rama-Bertahan. Ia mulai mencuri perhatian warganet Aceh setelah aktif mengunggah videonya membawakan lagu di YouTube. Vokalis yang suaranya mirip dengan penyanyi Afghan itu pun langsung melejit. Channelnya di YouTube segera diserbu penggemar, dan hingga kini sudah memiliki 311 ribu lebih subscribers. Bahkan, channel milik pria yang tidak pernah jauh dari gitar itu sudah mendapatkan centang terverifikasi.

Berdasarkan penghitungan dari SocialBlade, penghasilan Tereza Fahlevi per bulan berada pada kisaran 1,1 ribu hingga 17,5 ribu dolar AS atau setara Rp15,5 juta hingga Rp247,5 juta. Sementara per tahun, Tereza bisa mengantongi 13,1 ribu hingga 210 ribu dolar AS atau kalau dirupiahkan mencapai Rp185,2 juta hingga Rp2,9 miliar.

3. Yacob Samalanga

Maghfirah Husein membaca surat Ar Rahman. Foto: Channel YouTube Y_Studio

Kalau kalian suka dengan video orang mengaji pasti sering mendengar suara merdu Maghfirah Husein, seorang qariah asal Simpang Mamplam, Bireuen. Qariah yang dulu sempat viral di media sosial itu adalah adik kandung Yacob Samalanga, pemilik channel Y_Studio. Sebelum banting setir menjadi YouTuber, Yacob adalah vokalis Saleum Group yang hit dengan tembang Sawue Sjedara.

Hingga kini, channel Y_Studio memiliki 279 ribu subscibers dan sudah mendapatkan centang terverifikasi dari YouTube. Video berjudul Maghfirah Husein Surat Ar Rahman sudah ditonton lebih 40 juta kali. Menurut SocialBlade, penghasilan Yacob Samalanga dari Y_Studio per bulan berada pada kisaran 651 hingga 10,4 ribu dolar AS atau setara Rp9,2 juta hingga Rp147 juta. Sementara penghasilannya per tahun, Yacob bisa mengantongi 7,8 ribu hingga 125 ribu dolar AS atau setara Rp110 juta hingga Rp1,7 miliar.

4. Muzammil Hasballah

Muzammil menjadi imam salat. Foto: Channel YouTube Muzammil

Saat masih menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Bandung, Muzammil Hasballah sering menjadi imam rawatib di Masjid Salman ITB. Karena suara merdunya, pria kelahiran Sigli, Pidie itu pernah viral di media sosial. Ia pun diundang menjadi imam salat di sejumlah masjid di Bandung, Jakarta bahkan di tanah kelahirannya, Aceh. Kini, suara emasnya bisa didengar melalui channel Muzammil Hasballah yang sudah mendapatkan centang terverifikasi dan memiliki 586 ribu subscribers.

Berapa penghasilan Muzammil dari channel akun YouTube-nya? Berdasarkan penghitungan dari SocialBlade, penghasilan Muzammil per bulan berada pada kisaran 548 hingga 8,8 ribu dolar AS atau setara Rp7,7 juta hingga Rp124,4 juta. Sementara per tahun, Muzammil bisa mengantongi 6,6 ribu hingga 105 ribu dolar AS atau kalau dirupiahkan mencapai Rp96 juta hingga Rp1,48 miliar.

5. Rialdoni Official

Video klip tembang Rindu yang dinyanyikan Riyal. Foto: Channel YouTube Rialdoni

Rialdoni adalah group band milik dua anak muda asal Banda Aceh, Riyal dan Doni. Band yang mengusung musik pop melayu modern ini berdiri pada 13 Mei 2013, dan nama band-nya merupakan gadungan nama mereka. Riyal bertindak sebagai vokalis sekaligus pencipta lirik, sementara Doni adalah gitarisnya. Hingga tulisan ini dibuat, channel Rialdoni memiliki 52,9 ribu subscribers. Video tembang hit mereka, Rindu, sudah ditonton lebih dari 3 juta kali.

Berdasarkan penghitungan dari SocialBlade, penghasilan Rialdoni per bulan berada pada kisaran 535 hingga 8,6 ribu dolar AS atau setara Rp7,5 juta hingga Rp121,6 juta. Sementara per tahun, Riyal dan Doni bisa mengantongi 6,4 ribu hingga 102,6 ribu dolar AS atau kalau dirupiahkan mencapai Rp90 juta hingga Rp1,45 miliar.

6. Zulfan Afdhilla

Penampilan Zulfan Afdhilla ketika membahas soal Alfatekah. Foto: Channel YouTube RabbaniansID

Zulfan Afdhilla adalah pemilik dan pengelola channel YouTube Rabbanians ID. Alumnus jurusan Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry kerap memposting video yang membahas masalah agama dan akidah. Kegemarannya melakukan editing video mengantarkannya untuk aktif dan membuat channel YouTube dan mendapatkan penghasilan dari platform berbagi video itu. Channel miliknya sudah memiliki 238 ribu subscribers serta mendapatkan centang terverifikasi.

Berdasarkan penghitungan dari SocialBlade, penghasilan Zulfan Afdhilla per bulan berada pada kisaran 273 hingga 4,4 ribu dolar AS atau setara Rp3,8 juta hingga Rp62,2 juta. Sementara per tahun, Zulfan bisa mengantongi 3,3 ribu hingga 52,4 ribu dolar AS atau kalau dirupiahkan mencapai Rp46,6 juta hingga Rp741 juta.

Bagaimana, tertarik menjadi seperti mereka?

Reporter: Taufik Al Mubarak

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: