kumparan
9 Sep 2019 9:53 WIB

Acehkini Jalan-jalan: Santai di Ugrasen Ki Baoli, Sumur Misteri Delhi

Lokasi sumur Ugrasen Ki Baoli di New Delhi, India. Foto: Khiththati/acehkini
New Delhi, ibu kota negara India menyimpan peninggalan masa lalu yang menakjubkan. Jumlahnya banyak, kaya misteri dan sejarah. Tidak bisa rasanya menikmati kota itu dalam waktu singkat, apalagi kalau anda pecinta wisata sejarah.
ADVERTISEMENT
Hiruk pikuk kesibukan New Delhi, menyimpan kisah mistis masa lalu. Salah satunya adalah sumur tangga Ugrasen Ki Baoli. Berkunjung ke sana, kurang lengkap rasanya jika tanpa kemari. Keindahan arsitektur kuno menarik untuk ditelusuri lebih dalam. Gaya bangunannya menawan, menghipnotis pengunjung untuk duduk lebih lama sambil rehat sejenak.
Berada tak jauh dari gedung-gedung yang tinggi, kisah tentang sumur ini menarik pengunjung. Sebelum teknologi penggalian air modern dilakukan, penduduk sudah mulai membuat sumur yang dapat diambil airnya sepanjang tahun menggunakan tangga. Gaya sumur seperti ini, berkembang pesat di India sejak tahun 600 masehi.
Arsitektur kuno di Ugrasen ki Baoli. Foto: Khiththati/acehkini
Saat ini, beberapa sumur tangga tua ditinggalkan tanpa perawatan. Terletak di desa yang jauh dan terpencil. Namun pemerintah sudah berhasil memulihkan beberapa di antaranya, seperti yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Membayangkan masa lalu, membuat ratusan anak tangga lengkap sumur tanpa bantuan mesin membuat takjub. Lengkungan koridor, tangga dan bangunan yang terus rendah ke bawah tanah mengesankan siapapun yang melihatnya.
Monumen bersejarah ini terletak di Hally Road. Mosas dari bermacam-macam bebatuan ini membawa ke bangunan di lantai bawah, tersembunyi dari riuhnya kota. Tempat yang tenang dan cocok untuk pecinta fotografi dan sejarah.
Pintu masuk sumur tua. Foto: Khiththati/acehkini
Perawatan sumur tua ini sekarang berada pada lembaga Archaeological Survey India. Walaupun begitu, tidak ada biaya masuk untuk menjelajahi tempat ini. Bangunan terdiri dari tiga tingkat. Ada 108 anak tangga menuju sumur. Terdapat kemiripan struktur sumur tangga dengan yang bangunan sejenis yang ditemukan di sepanjang Rajastan dan Gujarat.
Pembangunannya, menurut cerita turun temurun, dilakukan oleh Raja Agrasen dari Ugrasen. Dipercaya, ia hidup pada masa Mahabharata. Namun teori ini belum dapat dibuktikan. Catatan sejarah menulis bahwa sumur bertingkat ini kembali dibangun di atas bangunan sebelumnya oleh komunitas Agarwal yang kaya. Mereka berasal dari keturunan Maharaja Agrasen.
Tangga turun di Ugrasen Ki Baoli. Foto: Khiththati/acehkini
Struktur bangunan mempunyai lebar 15 meter dan panjang 60 meter. Tempat penampungan air ini, menjadi tempat berkumpul para wanita pada masa itu untuk menghindari udara menyengat musim panas. Ceruk-ceruk digunakan untuk upacara dan ritual keagamaan. Tingkatan pada bangunan digunakan untuk beristirahat. Semakin ke bawah semakin dingin suhunya.
ADVERTISEMENT
Batu-batuan yang melengkung dibuat dengan ukuran simetris. Gaya ini menunjukkan pembangunannya dilakukan kembali pada masa Islam. Sesuai strukturnya, bangunan yang ada kini merupakan peninggalan abad ke 14, kala Delhi dikuasai oleh kesultanan Islam di bawah Dinasti Tuglaq atau Lodi.
Ada sebuah bangunan masjid yang terletak di sisi barat daya. Bangunan ini mempunyai empat pilar yang terbuat dari batu pasir, bentuknya lebih menonjol dibandingkan pada masjid lain. Atap batunya sudah roboh di beberapa sisi. Lempengan dengan ukiran ayat Alquran masih terlihat di sisi atas.
Bangunan yang disusun batu-batu. Foto: Khiththati/acehkini
Pagi hari, saat musim gugur di bulan September hingga November adalah waktu terbaik untuk berkunjung. Tempat ini buka mulai dari jam 7 pagi hingga 6 sore. Jadi buat yang ingin merasakan aura mistis datanglah saat sore sebelum tutup. Letaknya tak jauh dari jalanan besar, naik Delhi Metro dan turun di Station Rajiv Chowk, kemudian bisa berjalan kaki atau naik auto untuk sampai ke lokasi.
ADVERTISEMENT
Ugrasen Ki Baoli sering dianggap sebagai tempat penuh mistis teratas di Delhi. Bagian horornya banyak dipercaya karena keberadaan air hitam di dalam sumur yang bisa membuat orang terjun ke dalamnya. Air ini kabarnya secara misterius membunuh. Tapi tidak ada pembuktian yang dapat dilakukan atas rumor ini. Nyatanya air sumur nyaris kering sekarang, dan tidak ada laporan akan kecelakaan di sini.
Tempat ini juga sering dilakukan untuk kegiatan uji nyali yang terkenal di India. Kabarnya ada pengunjung yang mendengar banyaknya suara asing atau penampakan makhluk halus. Suasana berbeda, bahkan suara kepakan sayap merpati juga bisa menimbulkan keanehan. Udaranya sejuk, namun jangan khawatir karena banyak muda-mudi yang hang out di sini saban harinya.
Lokasi ramai pengunjung saban hari. Foto: Khiththati/acehkini
Beberapa tahun terakhir sumur tangga ini juga menarik sineas Bollywood untuk melakukan syuting. Salah satunya film PK, kisah tentang alien yang diperankan oleh Aamir Khan. Adegan film Mom yang dimainkan Sridevi, dengan sultannya yang diperankan oleh Salman Khan. Tempat ini juga ada dalam adegan lagu India romantis, Bol Na Halke Halke dari film Jhoom Barabar Jhoom yang dimainkan oleh Abhishek Bachchan dan Preity Zinta.
ADVERTISEMENT
Semenjak syuting PK, banyak pengunjung yang mencoba foto di tangga ala Aamir Khan. Bagaimana? Tertarik menjelajahi komplek ini? Tidak perlu takut, karena anda tidak sendirian.
Ukiran yang memudar di salah satu pintu bangunan. Foto: Khiththati/acehkini
Reporter: Khiththati
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan