Pencarian populer
PUBLISHER STORY
14 Mei 2019 23:41 WIB
0
0

Cara Anak Muda Kreatif Aceh Bersedekah Ilmu di Bulan Ramadan

Peserta kelas desain grafis yang diselenggarakan oleh Aceh Bergerak di Banda Aceh, Rabu (15/5). Foto: Davi

Sekelompok anak muda kreatif di Kota Banda Aceh yang menamakan diri Aceh Bergerak, memanfaatkan bulan suci Ramadan untuk bersedekah ilmu kepada orang lain. Cara mereka bersedekah dilakukan lewat membuka kelas kreatif multimedia secara gratis selama bulan puasa.

Rabu (15/5) sore, bertempat di markas bersama di Desa Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, sebanyak 50 peserta kelas kreatif terlihat sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Mereka peserta kelas kreatif multimedia yang terbagi dalam empat kelas: sinematografi, desain grafis, jurnalistik dan video editor.

Redha Sukandar, ketua pelaksana kelas kreatif menyampaikan bahwa peserta kelas life skill Ramadan secara gratis dimulai dari 13 Mei hingga 30 Mei mendatang. Pelatihan berlangsung mulai dari pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB saban harinya.

Peserta kelas jurnalistik yang diselenggarakan Aceh Bergerak sebagai cara mereka bersedekah ilmu di bulan Ramadan. Foto: Davi

Ia menyebutkan peserta berasal kalangan mahasiswa, pelajar dan beberapa sarjana muda. "Mereka terlebih dahulu mengajukan diri untuk mengikuti pelatihan ini. Kemudian panitia menyeleksi berkas peserta sebelum dinyatakan lulus. Banyak juga dari luar Kota Banda Aceh yang mengajukan diri untuk bisa mengikuti pelatihan ini,” ujar Redha, Rabu (15/5).

Ketua Aceh Bergerak, Ambia Dianda menyatakan kelas life skill Ramadan diselenggarakan sebagai cara mereka yang terhimpun dalam Aceh Bergerak menularkan kemampuannya kepada generasi Aceh mendatang. "Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kemampuan hidup secara khusus bagi peserta. Karena kemampuan tersebut menjadi cara untuk mempermudah mencari kerja atau membuka peluang kerja," sebutnya.

Kelas kreatif multimedia dibimbing oleh tim pengajar profesional yang terdiri dari Davi Abdullah Kompas TV, Eva Hazmaini dan Nirwanna dari Komunitas Film Kopiah, Amri dari Aceh Dokumenter, Khairil Annas dan Mulia dari Komunitas Film Indicam, dan Birri dari konten kreator Aceh Asia.

Proses belajar di kelas life skill Ramadan yang digelar oleh Aceh Bergerak. Foto: Davi

Reporter: Husaini

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23