Pencarian populer
PUBLISHER STORY
20 Juli 2019 17:40 WIB
0
0

Gelombang Pasang di Aceh Barat Bukan Efek Tropical Strom Danas

Infografis gelombang pasang di Aceh Barat. Dok. BPBA
Gelombang pasang melanda Gampong Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (20/7). Air laut dilaporkan mencapai perumahan warga. Selain itu, tanggul tepi pantai dan jalanan rusak.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan kali kedua banjir rob melanda pesisir Aceh Barat. Sebelumnya gelombang pasang juga terjadi di kawasan tersebut pada Selasa (16/7). Gelombang pasang mengakibatkan tanggul tepi pantai terkikis sehingga air laut masuk ke perumahan warga.
Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria, mengatakan gelombang pasang di Aceh Barat tidak dipengaruhi oleh tekanan rendah Tropical Storm Danas yang sedang terjadi di Aceh. BMKG Aceh sebelumnya menyatakan tekanan rendah tersebut mengakibatkan gelombang tinggi di perairan laut Aceh.
"Gelombang pasang karena adanya gaya gravitasi bulan, di mana gelombang pasang terjadi pada saat bulan purnama. Ketika bulan purnama bulan lebih dekat dengan permukaan air laut dibandingkan dengan hari-hari biasa," kata Zakaria kepada acehkini, Sabtu (20/7).
Zakaria. Foto: Dok. Pribadi
Dengan demikian, lanjut Zakaria, gravitasi bulan akan lebih besar dibandingkan hari biasa. Sehingga membuat permukaan air laut naik di bagian muka bumi yang sedang terjadi purnama atau disebut dengan air pasang.
ADVERTISEMENT
"Dengan meningginya air laut, maka sebagian wilayah yang daratannya rendah akan mengalami banjir rob atau naik ke darat," imbuh Zakaria.
Zakaria menuturkan, cuaca buruk dan angin kencang yang terjadi dalam beberapa hari ini di Aceh akibat ada tekanan rendah atau Tropical Storm Danas di Laut Cina Selatan.
Namun Zakaria menyebutkan, tekanan rendah tersebut tidak berpengaruh secara langsung terhadap banjir rob, termasuk yang terjadi di Aceh Barat.
"Ketinggian gelombang yang disebabkan oleh angin kencang akan meningkat seiring dengan adanya peningkatan permukaan air laut akibat air pasang dan tentu saja berpengaruh juga terhadap tingginya banjir rob di daerah-daerah yang datarannya rendah," ujarnya.
Zakaria mengimbau kepada nelayan dan masyarakat pesisir laut di Aceh agar waspada terhadap gelombang tinggi. Sementara masyarakat di daratan agar mewaspadai angin kencang dan pohon tumbang, serta petir.
ADVERTISEMENT
"Para nelayan dan penyedia jasa penyeberangan agar selalu memantau informasi cuaca laut dari BMKG Aceh dan juga keadaan di lapangan. Selalu membawa alat keselamatan dan alat komunikasi," pungkasnya. []
Reporter: Habil Razali
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86