Food & Travel
·
5 Desember 2020 9:26

Gowes Asyik di Jalur ‘Sarla’ Aceh: Lelah Dibayar Pesona Gunung Seulawah

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Gowes Asyik di Jalur ‘Sarla’ Aceh: Lelah Dibayar Pesona Gunung Seulawah (237392)
Komunitas iTangen pose bersama di jalur Sarla, Aceh. Foto: Dok. Jihadul
Sebuah jalur menantang dikenalkan untuk penggemar gowes di Aceh, jalur Sare-Laweung alias Sarla, sepanjang 20 kilometer. Jalur ini menawarkan pesona kaki Gunung Seulawah, yang membentang di kabupaten Aceh Besar dan Pidie.
ADVERTISEMENT
Minggu pekan lalu (29/11), sebuah komunitas di Pidie mengundang para penggemar sepeda sport untuk menjajal jalur Sarla. Ada sekitar 500 pesepeda yang ikut serta, salah satunya adalah iTangen Bicycle Club, asal Banda Aceh.
“Jalur ini asyik, banyak tantangan dan rasa lelah terbayarkan dengan keindahan di sekitarnya,” kisah Jihadul alias Bang Doel, anggota anggota Komunitas iTangen.
Gowes Asyik di Jalur ‘Sarla’ Aceh: Lelah Dibayar Pesona Gunung Seulawah (237393)
Pose bersama di lokasi finish. Foto: Dok. Jihadul
Menurutnya, jalur gowes ini dimulai dari Saree (Aceh Besar) ke Laweung (Pidie). Area yang dilewati adalah perkampungan, selanjutnya kawasan kebun, lahan warga, hutan dan pesisir laut, dengan jalan yang dominan berbatu, tanah liat, dan berlumpur.
“Kami juga harus melewati alur sungai. Di sini sangat asyik, bisa mandi-mandi dan membersihkan sepeda,” kata Bang Doel.
ADVERTISEMENT
Kata Bang Doel, komunitasnya telah banyak menjelajahi berbagai jalur di Aceh untuk gowes bareng. Jalur Sarla, dinilainya sebagai salah satu paling menantang yang wajib diuji oleh para goweser. “Pokoknya keren, pengalaman yang sulit dilupakan,” jelasnya.
Bagaimana keseruan gowes di Jalur Sarla, Aceh Besar-Pidie, simak video berikut:
Video