kumparan
23 Feb 2019 14:09 WIB

Kapolri Sebut Aceh Sudah Masuk Daerah Kategori Aman

Kapolri Tito Karnavian memberikan keterangan kepada wartawan dalam kunjungan kerjanya ke Aceh di Mapolda Aceh, Sabtu (23/2). Foto: Husaini/acehkini
Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian menyatakan Aceh sudah masuk daerah kategori aman pasca-konflik. Bahkan status aman tersebut sudah diakui oleh pemerintah pusat.
ADVERTISEMENT
"Aceh sudah masuk kategori aman, dalam pandangan Jakarta," ucap Tito kepada wartawan dalam kunjungan kerjanya ke Aceh di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Aceh, Sabtu (23/2).
Menurutnya, ada beberapa indikator yang menjadikan daerah Aceh dikategorikan sudah aman. "Pertama semua event-event besar yang digelar di Aceh berlangsung dengan baik, baik dalam bidang olahraga, seni, budaya dan juga event-event program pemerintah," ujar Tito.
Ia menyebutkan, kini Aceh malah sudah menjadi salah satu destinasi tujuan wisata banyak orang. "Tapi coba kalau dulu, nggak ada yang berani datang ke sini (Aceh)," sebut Kapolri.
Prosesi penyambutan Kapolri Tito Karnavian di Mapolda Aceh, Sabtu (23/2). Foto: Husaini/acehkini
Indikator yang kedua, sebut Tito, pesta demokrasi yang riskan karena melibatkan banyak orang yaitu Pilkada 2017 dan 2018 di Aceh juga berlangsung dengan aman dan lancar.
ADVERTISEMENT
"Dua tes besar itu menunjukkan keamanan di Aceh sudah bagus. Ini tidak terlepas dari kemauan semua pihak hingga grass root yang menghendaki Aceh harus tetap aman," ujar Tito.
Hal tersebut diakui Kapolri Tito Karnavian membuat dirinya semakin percaya diri untuk pertama sekali menghadapi Pemilu 2019 secara serentak. "Tapi jangan underestimate, tetap kekompakan dijaga, spirit terutama semua kalangan menciptakan Aceh aman dan damai menjadi kunci terbesar," pungkasnya. [adv]
Reporter: Husaini
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan