Pencarian populer
PUBLISHER STORY
27 Mei 2019 19:04 WIB
5
1

Senyum Anak-anak Yatim di Aceh kala Dibelikan Baju Baru

Satu dari 70 anak yatim dan anak pemulung memilih baju baru di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Banda Aceh, Senin (27/5). Foto: acehkini
Dengan girang bocah-bocah itu berpindah dari rak pakaian satu ke yang lainnya. Jika ditemui yang menarik, mereka mencobanya dengan cara melilit ke leher. Jika belum cocok, akan mencari ke pajangan yang lain. 
ADVERTISEMENT
Bocah-bocah itu anak yatim dari Banda Aceh dan Aceh Besar, serta anak-anak pemulung dari Gampong Jawa, Banda Aceh. Jumlahnya 70 orang. 
Senin (27/5) siang, mereka diajak Darwati A Gani, ke pusat perbelanjaan di Banda Aceh. Hari itu semua bebas memilih sepasang pakaian baru. Pakaian yang akan dikenakan pada saat lebaran nanti.
Ibuk, ibuk, ini boleh tukar ya,” rengek Ulfa pada Darwati. Sebelumnya Ulfa telah menenteng sepasang gaun berwarna ungu yang telah dipilihnya. Ketika melintasi rak lain, ia memohon untuk bisa menukar dengan pilihan barunya.
Darwati memakaikan baju baru untuk dicoba pada seorang anak. Foto: acehkini
“Boleh, dicoba dulu tapi,” jawab Darwati, politisi perempuan dari partai lokal di Aceh itu lembut. Ulfa pun girang. 
Berbeda dengan Ulfa, Rezian Munandar mantap mencari pakaian muslim. Begitu tiba di mal, dia langsung mencari tempat pajangan baju koko.
ADVERTISEMENT
“Untuk salat hari raya nanti,” ungkapnya. Rezian merupakan anak pemulung dari Gampong Jawa. Di Taman Edukasi Anak Pemulung, dia dikenal sebagai anak yang bacaan Alquran-nya bagus. Di sana dia sering menjadi imam salat untuk teman-temannya.
Darwati A Gani mengaku dirinya bahagia lantaran masih bisa berbagi dengan anak yatim dan anak pemulung tersebut.
Anak-anak diberi kebebasan untuk memilih sepasang pakaian baru sesuai seleranya yang langsung didampingi oleh Darwati. Foto: acehkini
Menurutnya, ia tak sendiri menanggung biaya belanja untuk anak yatim dan pemulung tersebut. Tapi juga urunan dari beberapa sahabatnya.  
“Kita urunan, seberapa ikhlas. Ada yang menanggung untuk 10 anak, lima anak, ada yang dua, dan sebagainya sesuai dengan kemampuan. Jumlah kita 15 orang,” ujar Darwati.
Keluar dari mal, bocah-bocah itu tampak gembira. Masing-masing dari mereka membawa sepasang baju untuk dikenakan di hari raya.
ADVERTISEMENT
"Bagi kita belanja baju baru di hari raya mungkin sudah menjadi hal yang biasa, tapi bagi mereka bisa menjadi barang langka dan hanya bisa sekali-kali saja. Alhamdulillah hari ini mereka bisa merasakannya memilih sendiri baju yang mereka suka. Saya melihat wajah-wajah bahagia mereka," sebut Darwati.
Satu dari 70 anak yatim dan anak pemulung memegang baju baru yang dipilihnya. Foto: acehkini
Membawa baju baru yang dipilihnya sendiri. Foto: acehkini
Seorang dermawan turut mendampingi dan memandu 70 anak yatim dan anak pemulung memilih sepasang baju baru untuk dipakaikan pada hari raya. Foto: acehkini
Seorang anak memeluk Darwati yang mendampinginya berbelanja baju baru. Foto: acehkini
Anak-anak yatim dan pemulung didampingi dermawan saat memilih baju baru di pusat perbelanjaaan. Foto: acehkini
Dua anak menunjukkan baju baru pilihannya. Foto: acehkini
Anak-anak didampingi Darwati saat melakukan pembayaran di kasir. Foto: acehkini
Usai mendapat sepasang pakaian baru pilihannya, 70 anak yatim dan pemulung berangkat pulang ke rumah masing-masing. Foto: acehkini
Reporter: Husaini
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85