kumparan
3 Jun 2019 16:07 WIB

Siddi Bashir, Masjid dengan Menara yang Bisa Berguncang di India

Menara berguncang di Masjid Siddi Bashir, Gujarat, India. Foto: Khiththati/acehkini
Ahmedabad, sebuah kota kuno di Gujarat, India, terkenal karena menara bergoyang atau dikenal dengan nama Julta Minar. Julta Minar sebenarnya merupakan bagian dari Masjid Siddi Bashir. Menara ini contoh arsitektur masa lalu yang luar biasa dengan rancangan sedemikian rupa sehingga menara cenderung bergoyang saat ada sedikit tekanan di atasnya.
ADVERTISEMENT
Tempat ini merupakan lokasi bermain yang menyenangkan untuk anak-anak. Tak heran, saban sore banyak anak-anak yang berlari-lari di sekitar masjid.
Penyebab guncangan sampai saat ini masih menjadi misteri. Sementara hal lain yang juga menarik dari menara ini yaitu dapat menahan goncangan kereta bergerak cepat di sekitar lokasi yang berdekatan dengan stasiun kereta api Ahmedabad Railway.
Ukiran detil di bagian bawah menara. Foto: Khiththati/acehkini
Masjid Siddi Bashir selesai dibangun pada tahun 1452. Ada dua pendapat soal siapa yang membangunnya. Pertama adalah Siddi Bashir yang merupakan pembantu Sultan Ahmed Shah dari Kesultanan Gujarat. Pendapat lain menyebut masjid dibangun oleh Malik Sarang, seorang bangsawan dalam lingkaran kerajaan.
Kompleks ini sempat rusak parah pada tahun 1753 karena perang perebutan kekuasaan di Gujarat. Saat ini ada beberapa bagian yang tersisa selain masjid, yaitu menara dan gerbang melengkung yang menghubungkan keduanya tetap utuh.
ADVERTISEMENT
Menara bergaya muslim gothic itu memiliki fondasi segi delapan dengan bentuk silinder meruncing ke atas. Bagian fondasi diukir secara detail. Begitu juga dengan balkon gantung yang dipahat dengan teknik yang tampak rumit.
Diketahui bahwa menara ini pernah menjadi bangunan tertinggi di Ahmedabad. Walaupun kondisinya saat ini ada beberapa anak tangga menuju puncak yang sudah banyak mengalami kerusakan, namun masih bisa digunakan.
Kerap menjadi tempat bermain anak-anak. Foto: Khiththati/acehkini
Bangunan yang menyimpan misteri sejarah ini menarik banyak peneliti selama 500 tahun. Ilmuwan masih bertanya-tanya apa yang membuat menara berguncang, sementara bangunan lain di sekitarnya tetap diam. Jalur penghubung di atasnya juga bebas dari getaran saat kedua menara berguncang.
Sebenarnya ada masjid lain di Ahmedabad yang juga memiliki menara yang dapat bergetar, yakni Masjid Raj Bibi. Namun menara ini dibongkar peneliti yang penasaran saat Inggris masuk. Mereka ingin mempelajari teknik guncangannya, tetapi mereka tidak berhasil menemukan penjelasannya dan tidak dapat merangkai kembali menara itu.
Bagian dalam masjid. Foto: Khiththati/acehkini
Menurut beberapa penelitian, menara dengan teknik guncangan yang sama juga ditemukan di Isfahan, Iran, yang dikenal sebagai Monar Jonban.
ADVERTISEMENT
Julta Minar berada di Sarangpur, sebelah timur kota tua Ahmedabad. Terbuka untuk umum dan gratis. Buat Anda yang ingin berkunjung, coba datang pukul 05.30 pagi sampai 09.00 malam. Anda bisa sekalian melihat pemandangan matahari terbit dan tenggelam di sini. []
Penanggalan India di masjid. Foto: Khiththati/acehkini
Muazzin di Masjid Siddi Bashir. Foto: Khiththati/acehkini
Reporter: Khiththati (Gujarat)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·