Pencarian populer
PUBLISHER STORY
24 April 2019 20:25 WIB
0
0

Silap untuk Satu Orang, Satu TPS di Gayo Lues Coblos Ulang

Pemilih memasukan surat suara ke kota suara saat PSU di Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Kamis (25/4). Foto: Yudiansyah/acehkini

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 001 Kampung Cinta Maju, Kecamatan Blangpegayon, Kamis (25/4). Pemilihan ulang diikuti oleh 169 pemilih.

Ketua KIP Gayo Lues, Said Abdullah mengatakan PSU yang digelar daerahnya sesuai keputusan KIP Kabupaten Gayo Lues Nomor 05/HK.01.6-Kpts/02/KIP-Kab/IV/2019. tentang Pemungatan Suara Ulang Pemilu 2019. “Coblos ulang dilakukan untuk seluruh surat suara atau lima surat suara,” katanya kepada Acehkini.

Pemicu PSU sangat sepele, hanya karena adanya sedikit miskomunikasi yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara dengan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di sana. Ada seorang pemilih pindahan, warga asal Sumatera Utara yang menggunakan form A5, diberikan surat suara lengkap oleh KPPS (lima macam). Lalu dia mencoblos semuanya.

Seharusnya pemilih pindahan dari luar Aceh tersebut, hanya berhak diberikan satu surat suara saja, untuk memilih presiden/wakil presiden.

Pemilih memasukkan jarinya ke tinta, sebagai tanda usai mencolos ulang di Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Foto: Yudiansyah/acehkini

Kata Said Abdullah, pemilih tersebut saat itu datang ke TPS dengan undangan dan langsung diberikan lima macam kertas suara. “KPPS tidak tahu kalau dia pemilih tambahan (DPTh). Setelah dia memilih, PPS baru datang memberikan Form A5 yang bersangkutan kepada KPPS," ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, Pengawas TPS memberikan rekomendasi kepada PPS dan diteruskan Ke KIP Kabupaten Gayo lues, agar dilakukan pencoblosan ulang.

Amatan Acehkini, pemilihan ulang di TPS 001 Kampung Cinta Maju, Kecamatan Blangpegayon, Gayo Lues berlangsung lancar dan tertib. Warga memberikan suaranya sejak TPS dibuka pukul 07.00 WIB, sampai pukul 13.00 WIB. selanjutnya dilakukan penghitungan di kantor desa setempat. []

Petugas KPPS menyiapkan surat suara saat PSU di satu TPS, Kabupaten Gayo Lues. Foto: Yudiansyah/acehkini
PSU di Gayo Lues diikuti oleh 169 pemilih. Foto: Yudiansyah/acehkini
Pemilih melihat daftar Caleg di papan pengumuman, saat PSU di TPS 001, Kampung Cinta Maju, Kecamatan Blangpegayon, Gayo Lues. Foto: Yudiansyah/acehkini
Petugas Linmas mengawal proses pemilihan ulang di Gayo Lues. Foto: Yudiansyah/acehkini

Reporter: Yudiansyah

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23