kumparan
search-gray
Tekno & Sains24 Maret 2020 10:18

The Jokowi Center akan Launching Alat Pendeteksi Gejala COVID-19 Terbaru

Konten Redaksi ACEHKINI
WhatsApp Image 2020-03-24 at 09.32.09.jpeg
Cara kerja ETS. Dok. The Jokowi Center/ETS center
The Jokowi Center berencana meluncurkan Eyeview Temperature Scanner (ETS), salah satu alat pendeteksi suhu badan terbaik dan terbaru di dunia, dapat mengetahui gejala Virus Corona atau COVID-19, menggunakan AI (Artificial Intelligence) dengan metode non-contact.
ADVERTISEMENT
Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus, mengatakan ETS tersebut bentuknya seperti Closed Circuit Television (CCTV), mampu mendeteksi dan melacak dengan cepat dan tepat suhu badan manusia. “Sangat efektif melacak seseorang yang mengalami gejala COVID-19,” kata Teuku Neta dalam keterangan tertulis Selasa (24/3/2020).
Menurutnya, suhu badan akan terdeteksi secara otomatis dengan baik dan akurat ketika ada orang berjalan di depan alat CCTV-ETS, hanya 0,030 detik saja alat ETS dapat mendeteksi 16 orang dalam waktu bersamaan, tidak perlu lagi scanning check satu persatu seperti yang selama ini dilakukan.
WhatsApp Image 2020-01-28 at 12.03.04 (1).jpeg
Pendeteksi suhu tubuh di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Foto: Suparta/acehkini
Neta mengklaim ETS lebih efektif mendukung rapid test COVID-19 yang akan dilakukan secara massal oleh pemerintah. Alat ETS sangat cocok digunakan di bandara, tempat ibadah, kantor, hotel, sekolah, stasiun, rumah-sakit, mall dan tempat keramaian lainnya.
ADVERTISEMENT
“ETS Center akan berkerjasama dengan The Jokowi Center untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Teuku Neta.
Setelah launching ETS sesuai kesepakatan dengan produsen, The Jokowi Center akan membuka 'monitoring center' di Jakarta, untuk melacak keberadaan orang-orang yang mengalami gejala COVID-19.
“The Jokowi Center akan berupaya maksimal supaya launching ETS bisa dipercepat, insyaAllah akan dilaksanakan pada bulan April 2020. Penggunakan alat ini lebih mudah, cepat dan akurat mendeteksi gejala COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia,” tutup Teuku Neta. []
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white