Pencarian populer
PUBLISHER STORY
11 Juni 2019 20:28 WIB
0
0

The Jokowi Center Apresiasi Eks Panglima GAM Klarifikasi Referendum

Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus. Dok. Pribadi

Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus mengapresiasi pernyataan klarifikasi terkait referendum Aceh oleh bekas Panglima GAM, Muzakir Manaf alias Mualem. “Kami mengapresiasi kepada Mualem yang telah memberikan klarifikasi perihal referendum Aceh. Pada intinya, Ketua Umum Partai Aceh ini menegaskan Aceh tetap pro NKRI,” kata Neta dalam pernyataan tertulisnya kepada acehkini, Rabu (12/6/2019).

Teuku Neta, putra Aceh yang kini memimpin The Jokowi Center di Jakarta, pascaperjanjian damai antara Pemerintah Indonesia dan GAM pada Agustus 2005, maka tidak ada lagi teriakan merdeka atau referendum dengan opsi merdeka. Kesepakatan damai yang dikenal sebagai MoU Helsinki, telah mengunci keberadaan Aceh tetap dalam bingkai NKRI.

Muzakir Manaf mengklarifikasi pernyataannya soal referendum Aceh lewat video yang kemudian disebar, dan ditayangkan di beberapa media sejak Rabu dini hari tadi. Dalam video tersebut, Mualem menegaskan rakyat Aceh pro-NKRI.

Video

“Melalui klarifikasi ini, semua sudah jelas. Tidak perlu diperpanjang lagi masalah ini. Kita bangun Aceh yang masih termiskin di Sumatera dan sekali lagi hargai kejujuran Mualem yang sangat cinta Tanah Air Indonesia,” ajak Neta.

Menurut Neta, pihaknya memahami psikologi pernyataan spontan Mualem soal referendum Aceh, pada haul deklarator Gerakan Aceh Merdeka/Wali Neugara Aceh, Paduka Yang Mulia Teungku Muhammad Hasan di Tiro, di Banda Aceh, Senin (27/5) malam. []

Reporter: Adi W

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36