kumparan
News24 Mei 2020 0:11

Tinjau Pos Idul Fitri, Plt Gubernur Aceh: Bus Antar Provinsi Tidak Beroperasi

Konten Redaksi ACEHKINI
WhatsApp Image 2020-05-23 at 23.30.52.jpeg
Unsur Forkopimda Aceh saat meninjau Terminal Bus Batoh, Banda Aceh. Foto: Humas Aceh
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bersama Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin, Kapolda Aceh Wahyu Widada, Pangdam Iskandar Muda Hassanudin, beserta unsur Forkopimda lainnya, mengecek kesiagaan pos pengamanan dan pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, dalam rangka Operasi Ketupat Rencong 2020, di Kota Banda Aceh, Sabtu (23/5/2020) malam.
ADVERTISEMENT
Kepada awak media, Nova menjelaskan situasi dan kondisi transportasi Aceh jelang Idul Fitri 1441 H, hingga malam ini, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) nol atau tidak beroperasi, sedangkan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) hingga sore tadi hanya 4 armada yang beroperasi, namun tidak terisi penuh.
“Jadi, ada relaksasi transportasi di Aceh. Mudah-mudahan ini bisa mencegah transmisi COVID-19 di Aceh. Meski kasus COVID-19 di Aceh paling rendah dengan tingkat kesembuhan paling tinggi se-Indonesia, namun kewaspadaan kita tetap harus tinggi,” ujar Nova berpesan.
Dalam kesempatan tersebut, Nova juga berpesan kepada masyarakat yang akan melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman agar menaati protokol kesehatan yang ada.
“Semua harus pakai masker karena sudah ada Peraturan Wali Kota Banda Aceh. Maskernya akan kita sediakan gratis untuk para jemaah salat Idul Fitri. Pemerintah Aceh bersama Polda Aceh dan Kodam Iskandar Muda akan menyiagakan petugas di pintu-pintu masuk Masjid Raya Baiturrahman untuk melayani jemaah,” kata Plt Gubernur.
WhatsApp Image 2020-05-23 at 23.30.17.jpeg
Plt Gubernur Aceh saat meninjau Pelabuhan Ulee Lheu. Foto: Humas Aceh
Nova juga menjelaskan, terkait pelaksanaan takbir keliling, masyarakat diminta mentaati Tausyiah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, yang sudah diterbitkan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
“Kegiatan keagamaan tentu menjadi ranah MPU Aceh. Oleh karena itu, kami imbau masyarakat untuk mentaati tausyiah tersebut. Hingga saat ini kami belum menerima laporan pelaksanaan takbir keliling di seluruh Aceh. Semoga seluruh masyarakat Aceh mematuhi Tausyiah para ulama di MPU,” imbuh Nova.
Selain mengecek kesiapan petugas posko, Plt Gubernur dan Forkopimda juga memberikan bingkisan lebaran kepada petugas di posko pengamanan. Setidaknya ada dua pos pengamanan dan pelayanan lebaran yang ditinjau oleh Plt Gubernur bersama Forkopimda Aceh, yaitu Pos Pengamanan di Terminal Tipe A Batoh dan pos di kawasan Ulee Lheu.
Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan dan mendapatkan informasi langsung dari petugas bahwa pelayanan pengamanan lebaran tahun 2020 berjalan dengan baik. "Tetap semangat dan mudah-mudahan selalu dalam keadaan sehat," ujar Nova Iriansyah menyemangati petugas. []
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan