News
·
14 Januari 2021 19:48

UNHCR dan YKMI Beri Pelatihan Keterampilan untuk Pengungsi Rohingya di Aceh

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
UNHCR dan YKMI Beri Pelatihan Keterampilan untuk Pengungsi Rohingya di Aceh  (124808)
Pelatihan kepada pengungsi Rohingya dan warga sekitar. Dok. YKMI
Sebanyak 50 perwakilan pengungsi Rohingya yang berada di camp pengungsian Lhokseumawe, Aceh, mendapatkan pelatihan ketrampilan yang diselenggarakan oleh UNHCR dan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI), Kamis (14/1/2021).
ADVERTISEMENT
Pelatihan yang diberikan terdiri dari 4 kelas yaitu kelas elektronika, furniture, mekanik las, tata rias (make up) dan handicraft. Tidak hanya mendapatkan pelatihan, para peserta juga mendapatkan peralatan (kit) dasar agar dapat mempraktikkan ilmunya.
Program Manager YKMI, Tatang Husaini, mengatakan pelatihan keterampilan juga diberikan kepada masyarakat sekitar camp pengungsi di Gampong (desa) Meunasah Mee, seperti pelatihan elektronika, otomotif, tata boga dan budi daya ikan (bioflok). Para peserta juga mendapat peralatan dasar (kit) pendukung.
"Kami berterima kasih kepada BLKI yang telah bekerja sama dengan kami dalam melaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan bagi para pengungsi Rohingya dan masyarakat Desa Meunasah Mee, semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi para peserta,” kata Tatang.
ADVERTISEMENT
Perwakilan UNHCR, T. Fawaaz, mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan dapat produktif dan berkarya di masa akan datang sesuai dengan ilmunya yang telah didapat. “Sehingga nantinya dapat menunjang kehidupan keluarga,” katanya.
Menurutnya, para pengungsi Rohingya adalah orang-orang yang memiliki kemampuan dan keahlian, mereka pada dasarnya ingin berkontribusi kembali kepada masyarakat, apabila diberikan kesempatan.
“Saya atas nama UNHCR ingin mengucapkan terima kasih kepada warga sekitar atas kepeduliannya terhadap pengungsi dan juga telah mendukung menyukseskan pelatihan ini,” tutupnya. []