News
·
7 Juli 2021 14:30
·
waktu baca 1 menit

Viral Awan UFO di Banda Aceh, BMKG: Fenomena Biasa, Bukan Tanda Gempa Besar

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Viral Awan UFO di Banda Aceh, BMKG: Fenomena Biasa, Bukan Tanda Gempa Besar  (784362)
searchPerbesar
Awan mirip UFO di banda Aceh. Dok. Zakaria
Munculnya gumpalan awan yang mirip Unidentified Flying Object (UFO) di kawasan Gampong (desa) Punge, Banda Aceh, pada Selasa (6/7) kemarin menghebohkan warga. Penampakan awan ini heboh di media sosial, sebagian dihubungkan dengan hal mistis.
ADVERTISEMENT
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria, mengatakan awan mirip UFO itu dikenal sebagai awan lenticularis. “Ini fenomena biasa kendati jarang terjadi, tidak ada kaitan dengan fenomena lain seperti akan ada gempa besar, apa lagi yang berbau mistis,” katanya Rabu (7/7/2021).
Menurutnya, awan tersebut terbentuk ketika arus angin yang mengalir sejajar permukaan bumi mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan. Akibat hambatan tersebut, arus udara bergerak naik secara vertikal menuju puncak awan.
Udara yang naik itu mengandung banyak uap air dan bersifat stabil. “Maka saat mencapai suhu titik embun di puncak gunung, uap air mulai berkondensasi menjadi awan mengikuti kontur gunung,” jelasnya.
Awan ini disebut sangat menarik dilihat dari bentuknya, muncul seperti gasing, atau seperti piring terbang alias UFO. Bisa juga berbentuk seperti tudung atau topi bila terjadi di puncak gunung.
ADVERTISEMENT
Zakaria menyebut, awan berbahaya terhadap dunia penerbangan, terutama untuk penerbangan rendah seperti helikopter atau pesawat kecil, maupun pesawat yang mau landing. Ini disebabkan awan lentikularis menimbulkan turbulensi, sehingga bila pesawat atau helikopter melintasi awan tersebut akan terjadi guncangan hebat berpotensi kecelakaan jatuhnya pesawat. []