News
·
30 Januari 2021 20:00

Viral Video Pria Bakar Bendera Merah Putih Diiringi Lagu Panglima Prang Aceh

Konten ini diproduksi oleh ACEHKINI
Viral Video Pria Bakar Bendera Merah Putih Diiringi Lagu Panglima Prang Aceh (6656)
Viral video pria bakar Bendera Merah Putih diiringi lagu Panglima Prang Aceh. Foto: Screenshot
Sebuah video menampilkan aksi seorang pria membakar Bendera Merah Putih menghebohkan pengguna media sosial di Aceh. Kepolisian Daerah Aceh sedang menelusuri jejak rekaman video dan sosok pria tersebut.
ADVERTISEMENT
Dilihat acehkini Sabtu (30/1), video berdurasi 17 detik itu awalnya diunggah akun TikTok @aldial266 dua hari lalu disertai keterangan, "Jangan kasih kondur lanjutkan." Pada unggahan itu terlihat seorang pria menyiram minyak dari botol air mineral ke atas selembar bendera merah putih yang diikat di sebatang kayu kecil.
Api yang semula menyala di bagian batang kayu kecil kemudian menyambar bendera. Video tersebut diiringi lagu Aceh berjudul "Panglima Prang" yang dinyanyikan grup musik Nyawoeng. Senandung tersebut mengisahkan panglima perang dan raja yang pulang dari medan perang dengan bersukacita.
Sampai Sabtu sore, video unggahan di TikTok tersebut sudah disukai 563 orang dan dibagikan 744 kali. Pengunggah menonaktifkan komentar. Pada Sabtu siang, video ini juga beredar luas dan viral di sejumlah akun Instagram dan menghebohkan pengguna media sosial di Aceh.
Viral Video Pria Bakar Bendera Merah Putih Diiringi Lagu Panglima Prang Aceh (6657)
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy. Foto: Suparta/acehkini
Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Aceh Kombes Pol Winardy menuturkan, video viral yang menampilkan pembakaran Bendera Merah Putih itu saat ini sedang diselidiki Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Aceh. "Tim masih bekerja melakukan penelusuran terhadap identitas pelaku dan lokasi pembakaran," katanya kepada acehkini, Sabtu sore.
ADVERTISEMENT
Hasil penelusuran sementara kepolisian, kata Winardy, pria pembakar Bendera Merah Putih itu merupakan warga Aceh yang berdomisili di Malaysia. "Sementara infonya begitu," sebutnya.