• 1

10 Lagu Populer Pilihan di 2016

10 Lagu Populer Pilihan di 2016



Daftar Lagu Terbaik di 2016

Daftar lagu-lagu terbaik di 2016 (Foto: kumparan)

1. The Chainsmokers - Closer

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, The Chainsmoker (Foto: Soundcloud)
‘Closer’ menjadi lagu yang sangat berarti bagi duo DJ asal Amerika The Chainsmokers. Lagu berirama EDM (Electronic Dance Music) ini menjadi lagu pertama mereka bersama solois Halsey, yang berhasil menduduki peringkat satu di Billboard Hot 100. Lagu ini bahkan bertahan di posisi puncak selama 12 minggu berturut-turut. Tidak hanya menguasai tangga lagu Billboard, ‘Closer’ juga menjuarai tangga lagu di 10 negara.
Menurut Nielsen Music, hingga saat ini, ‘Closer’ telah meraih jumlah 493 juta streaming di Spotify, 648 juta penonton di Youtube, dan 1,7 juta unduhan. Pada penghargaan musik Grammy Awards ke-59 mendatang, The Chainsmokers masuk dalam nominasi kategori Best New Artist. Nominasi ini sekaligus membuktikan bahwa Andrew Taggart dan Alex Pall adalah duo DJ yang patut diperhitungkan di 2016 dan tahun-tahun mendatang.

2. Charlie Puth feat Selena Gomez - We Don't Talk Anymore

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Charlie Puth (Foto: Soundcloud)
Apa yang terjadi ketika lagu bertema putus cinta dipadukan genre tropical house? ‘We Don't Talk Anymore’ merupakan lagu yang diproduseri dan dinyanyikan oleh penyanyi solo Amerika Charlie Puth. Solois yang sempat dikabarkan menjalin hubungan dengan Meghan Trainor ini, menggandeng penyanyi Selena Gomez dalam lagu tersebut. Lagu yang sudah meraup lebih dari 500 juta penonton di Youtube itu, meraih kesuksesan dengan menduduki posisi kedua di US Billboard Hot 100.
Charlie menuturkan, lagu tersebut tentang seseorang yang tergila-gila dan jatuh cinta hingga akhirnya mereka putus. "Lalu kamu memutuskan hubungan kalian dengan baik-baik, tapi semuanya berubah. Kamu tidak bisa berbicara dengan dia sebagai mana layaknya teman lagi. Kamu bisa bilang akan tetap berteman, tapi lebih mudah mengatakan ketimbang melakukan. Itu menyakitkan," kata Charlie.

3. Calvin Harris feat Rihanna - This Is What You Came For

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Calvin Harris feat. Rihanna (Foto: Soundcloud)
Lagu bergenre EDM ini ditulis dan diproduseri oleh Calvin Haris dan dirilis pada 29 April 2016. Dalam lagu ini, Harris menggaet penyanyi Rihanna setelah sebelumnya pernah berkolaborasi bersama pada lagu ‘We Found Love’ dan ‘Where Have You Been’.
Lagu ini sempat menjadi kontroversi karena ternyata mantan kekasih Harris, Taylor Swift, juga turut berperan sebagai co-writer dengan nama yang disamarkan yakni Nils Sjoberg. Lagu tersebut meraih sukses dengan menduduki posisi puncak di US Hot Dance/Electronic Songs dari Billboard.

4. Major Lazer feat Justin Bieber & MØ- Cold Water

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Justin Bieber (Foto: Dubiks.com)
‘Cold Water’ yang dirilis pada 21 Juli 2016 ini dibawakan oleh band musik elektronik asal Amerika, Major Lazer, dan berkolaborasi dengan penyanyi sensasional asal Kanada, Justin Bieber. Lagu itu juga ditulis oleh sederetan artis ternama, termasuk Ed Sheeran, Justin Bieber sendiri, Jamie Scott, hingga Benjamin Levin.
‘Cold Water’ yang bernuansa EDM tersebut memadukan mid tempo Euro-NRG dengan pengaruh pop yang kental. Lagu ini sekilas terdengar sama dengan lagu ‘Love Yourself’ dari Justin Bieber, apalagi Ed Sheeran dan Blanco turut serta dalam penggarapan ‘Cold Water’. Meski demikian, lagu itu tetap memiliki ciri khas dan mendapat tempat di hati pendengarnya. Kini, video klip ‘Cold Water’ telah ditonton sebanyak lebih dari 500 juta kali di YouTube.

5. Alan Walker - Faded

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Alan Walker (Foto: cdn.smehost.net)
Satu lagi lagu bergenre EDM yang meraih popularitas di 2016: Faded by Alan Walker. Produser sekaligus DJ asal Norwegia berumur 18 tahun ini merilis lagu ‘Faded’, berkolaborasi dengan penyanyi Norwegia, Iselin Solheim. Lagu itu sukses menduduki posisi single chart di Norwegia, Finlandia, dan Swedia.
Lagu yang disertai nuansa kesepian dan kerinduan mendalam tersebut menjadi sebuah kombinasi unik yang membuat banyak pendengarnya ‘terbius’. Terhitung Desember 2016, ‘Faded’ telah ditonton lebih dari 800 juta kali dan lebih dari 150 juta pendengar streaming di Spotify.

6. Tulus - Ruang Sendiri

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Anji (Foto: Soundcloud)
Memulai karier dengan label indie, Tulus langsung menancapkan posisinya di belantika musik Tanah Air. ‘Ruang Sendiri’ adalah musik bergenre pop yang menjadi satu di antara lagu andalan Tulus pada album ketiganya, 'Monokrom'.
Lagu-lagu ciptaan Tulus memang dikenal memiliki makna mendalam namun tak terkesan menggurui. Kata Tulus, dalam setiap hubungan dibutuhkan sebuah ruang sendiri karena ruang bisa membuat jarak, jarak membuat rindu, dan rindu bisa membangun nilai.

7. Anji – Dia

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Anji (Foto: Soundcloud)
Solois Anji selalu hadir lewat lagu-lagu yang sederhana, easy listening dengan lirik yang mudah dicerna. Lagu ‘Dia’ yang dirilis 12 April 2016 di iTunes ini didominasi oleh petikan gitar akustik dan suara merdu Anji.
Lagu yang mengisahkan tentang orang patah hati yang kembali menemukan tambatan hati tersebut, telah sukses memikat hati pendengarnya. Hingga kini, video klip ‘Dia’ telah mendapat lebih dari 35 juta penonton, sebuah prestasi mengingat tidak ada model terkenal di video klip tersebut.

8. Raisa - Kali Kedua

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Raisa (Foto: Soundcloud)
‘Kali Kedua’, single andalan Raisa di album teranyarnya, 'Handmade' dirilis pada 31 Maret 2016. Masih mengusung lagu bergenre pop, lagu ini menonjolkan kemampuan vokal dari penyanyi yang disebut Indonesian's sweetheart itu.
Lagu yang diciptakan novelis ternama, Dewi ‘Dee’ Lestari, dikabarkan terinspirasi dari kisah cinta Raisa dengan mantan kekasihnya Keenan Pearce sebelum mereka putus hubungan. Aransemen dan lirik lagu yang total, ditambah aktor kondang Nicholas Saputra sebagai model dalam video klipnya, ‘Kali Kedua’ telah ditonton sebanyak lebih dari 11 juta kali di YouTube.

9. Rizky Febian - Kesempurnaan Cinta

Rizky Febrian

Penyanyi Rizky Febian pada single perdana yang berjudul ' Kesempurnaan Cinta' (Foto: Dokumentasi Instagram)
Dikenal sebagai anak sulung dari komedian Sule, Rizky Febian Ardiansyah memilih jalan yang berbeda untuk menjadi penyanyi, dan ia sukses membuktikan kemampuannya di industri musik.
‘Kesempurnaan Cinta’ menjadi lagu andalan hasil ciptaan sendiri, dan sukses membesarkan namanya. Lagu yang terinspirasi dari kisah cinta orangtuanya itu sukses menduduki posisi puncak di Top Chart iTunes dan videoklipnya telah ditonton lebih dari 34 juta kali.

10. Yura Yunita - Intuisi

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik

Kaleidoskop 2016 Musik Terbaik, Yura (Foto: Soundcloud)
Kesederhanaan vokal Yura Yunita berpadu dengan kemegahan musik orkestra, menjadi daya tarik tersendiri untuk lagu berjudul ‘Intuisi’ ini. Diliris pada 28 Juli 2016, lagu bertemakan patah hati ini merupakan hasil aransemen musik Iwan Popo dan produser Ari Renaldi.
Lagu itu juga sukses menduduki posisi pertama di salah satu radio lokal selama sembilan minggu berturut-turut. Hingga kini, lirik video ‘Intuisi’ telah ditonton sebanyak lebih dari satu juta kali.


HiburanKaleidoskopMusikSelebriti

500

Baca Lainnya