• 3

Kolaborasi Disney dan Seniman Lokal Indonesia untuk ‘Rogue One’

Kolaborasi Disney dan Seniman Lokal Indonesia untuk ‘Rogue One’



Rogue One

Hasil karya seniman lokal Indonesia. (Foto: Dok. Disney Studios Indonesia)

Salah satu kunci sukses Disney dalam penetrasi pasar internasional adalah upaya kolaborasi yang terus menerus dengan seniman lokal. Ketika film ‘Rogue One: A Star Wars Story’ dirilis ke bioskop, Disney mengumumkan kolaborasi yang menarik.
‘Rogue One: A Star Wars Story’ menceritakan kisah perjuangan para pejuang rebellion yang bersatu dalam misi penting mencuri rencana Death Star dari kuasa Empire. Seiring dengan semangat para rebellion yang bertekad untuk memperjuangkan hal yang mereka yakini, Disney Studios menggandeng lima seniman lokal untuk menceritakan kisah tentang perjalanan mereka menginspirasi dunia melalui karya seni.
Cerita mereka kemudian mereka tuangkan dalam karya yang dibuat di atas Stormtrooper helmet. Kelima seniman lokal ini termasuk Sanchia Himdjaja (@sanchimilikiti), Angga Kims (@kimswell), Aidil Fakhri (@theaedel), Nurfadli Mursyid (@tahilalats), dan Naela Ali (@naelaali), dimana mereka mewakili beragam bentuk seni ilustrasi, desain grafis, mural hingga komik.

Rogue One

Kolaborasi dengan seniman lokal untuk ‘Rogue One’. (Foto: Dok. Disney Studios Indonesia)
“Kami di Disney selalu percaya bahwa kolaborasi dengan talenta lokal dapat memberikan perspektif baru dan mendekatkan film kami ke masyarakat luas. Tantangan Stormtrooper helmet ini merupakan bentuk apresiasi kami akan kontribusi seniman Indonesia yang dengan talenta dan idealismenya dapat menyampaikan idealisme mereka dan diperjalanannya dapat menginspirasi banyak orang,” ujar Fitra Rifai selaku Head of Studio Marketing Indonesia, The Walt Disney Company.
Rogue One Ambassador
Selain kolaborasi yang tertuang dalam tantangan Stormtrooper helmet, Walt Disney Studios Indonesia juga mengikuti kampanye Rogue One Ambassador. Kampanye inisiatif Disney se-Asia Tenggara ini ditujukkan untuk mendukung talenta lokal dengan memberikan mereka panggung untuk menampilkan karya orisinil yang terinspirasi dari film ‘Rogue One: A Star Wars Story.’ Untuk Indonesia, Disney Studios memilih Crack – graffiti artist berbakat yang menjadi wakil Indonesia sebagai Rogue One Ambassador.
Crack yang juga fanboy Star Wars ini menjadi seniman yang dipilih untuk mewakili Indonesia dimana sebagai Rogue One Ambassador, Crack mempersembahkan tiga karya grafiti yang terinspirasi dari film Lucasfilm terbaru ini. “Setiap karya menggambarkan cerita yang berbeda, saya ingin mewakili dark side, dan rebellion side. Saya menggunakan imajinasi saya sebagai fanboy dalam mengilustrasikan bagaimana perang yang akan terjadi antar keduanya,” ujar Crack.
Memulai karirnya di seni graffiti 7 tahun lalu, karya Crack banyak terinspirasi dari karakter yang dilihatnya sejak kecil, dan Star Wars menjadi salah satu sumber inspirasi terbesarnya. Iapun terus mengeksplorasi doodling, sketching sambil terus membuka wawasan dengan mencoba berbagai medium dan membuka kolaborasi dengan brand maupun seniman lainnya. Karya Graffiti Wars yang terinspirasi dari karakter Star Wars milik Crack akhirnya membuka jalan baginya untuk terpilih sebagai Rogue One Ambassador di Indonesia.

Rogue One

Disney menggandeng seniman lokal Indonesia. (Foto: Dok. Disney Studios Indonesia)
  “Kesempatan untuk bekerja sama dalam dengan Disney dan Lucasfilm adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan penghargaan yang luar biasa. Sebagai seorang fanboy, karakter Star Wars banyak memberikan saya inspirasi dalam berkarya dan saya melihat para rebellion memiliki persamaan dengan diri saya sebagai seniman grafiti, dalam hal ini semangat untuk berani memperjuangkan apapun yang saya percayai. Saya paham bahwa graffiti masih belum banyak diterima sebagai bentuk seni, namun lewat graffiti, saya dapat berjuang untuk menyampaikan pesan dengan cara yang saya percaya dapat dinikmati banyak orang. Untuk mencapai kesuksesan bukanlah hal yang mudah namun kita harus meyakini apapun yang kita lakukan, dan yang terpenting, selalu hargai prosesnya,” beber Crack soal pandangannya tentang kolaborasi dengan Disney Studios.
Stage for Fans
Kehadiran ‘Rogue One: A Star Wars Story’ sudah banyak ditunggu oleh penggemar Star Wars di seluruh dunia. Film ini mengambil latar waktu setelah Episode III di masa Empire mulai bangkit. Cerita spin-off ini dianggap oleh penggemar seakan membuka peluang baru untuk mengekplorasi jalan cerita baru tentang galaksi yang sudah lama mereka cintai. Untuk menyambut rilis film, Disney Studios juga memberikan apresiasi terhadap penggemar setia Star Wars di Indonesia. Diwakili oleh Mochtar Sarman, Disney Studios memberikan tempat untuk penggemar memajang karya Star Wars buatannya di pameran ‘Rogue One’ di Jakarta. Lukisan Mochtar yang terinspirasi dari Rogue One mengambil tema industrial, banyak menggunakan bentuk geometris. Mochtar menilai karyanya seakan menggambarkan perjalanan karirnya dulu sebagai Product Designer.
 

Rogue One

Pameran Rogue One di mal. (Foto: Dok. Disney Studios Indonesia)
“Saya tumbuh bersama Star Wars dan sudah menjadi fanboy sejak kecil. Saya harap karya ini dapat membantu mendekatkan Rogue One ke masyarakat luas, dan mengenalkan dunia Star Wars ke para penggemar baru.” Selain itu, acara pengumuman kolaborasi dengan para seniman hari ini juga dihadiri oleh komunitas 501st Legion Indonesia Outpost dan FightSaber Indonesia.
Rogue One Celebration
Disney Studios dan Pacific Place juga menghadirkan pameran ‘Rogue One: A Star Wars Story’ untuk mendekatkan film ini ke masyarakat luas. Pameran yang akan berlangsung hingga  8 Januari 2017 di Pacific Place ini akan memamerkan langsung karya seniman lokal yang terinspirasi oleh ‘Rogue One’, dan mengajak masyarakat untuk mengenal karakter-karakter dalam film melalui serangkaian aktivasi yang diadakan.

HiburanStar WarsRogue OneFilmSeniman

500

Baca Lainnya